Bangun Transportasi Darat di Ibu Kota Baru, Kemenhub Siapkan Rp 5,42 M

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 17:10 WIB
Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara disebut sebagai lokasi Ibu kota baru. Pemilihan lokasi ini diduga karena di Sepaku banyak lahan negara.
Lokasi Ibu Kota Baru/Foto: M. Abdurrosyid
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan kebutuhan anggaran 2022 untuk pembangunan sektor transportasi di ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Pihaknya menyiapkan rencana pembangunan sistem transportasi yang cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pihaknya menyiapkan Rp 5.427.800.000 tahun ini untuk dukungan pembangunan sektor transportasi di ibu kota baru.

"Dukungan kawasan IKN senilai Rp 5,43 miliar," kata Budi dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi V DPR RI, Rabu (9/2/2022).

Berdasarkan bahan paparan Budi, diketahui bahwa untuk direktorat lalu lintas memiliki kegiatan penyusunan analisis dampak lalu lintas (andalalin) ibu kota negara.

Lalu untuk direktorat prasarana, kegiatan berupa penyusunan masterplan dan detail engineering design (DED) Terminal Tipe A Konstruksi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di wilayah IKN, serta penyusunan studi kelayakan (feasibility study).

Saat yang bersamaan, direktorat prasarana juga akan melakukan kegiatan berupa fasilitas pendukung dan integrasi moda di IKN.

Demi mendukung pembangunan sektor transportasi di IKN, sekretaris direktorat jenderal akan melakukan penyusunan desain Intelligent Transport System (ITS) dan studi penerapan sarana dan prasarana transportasi darat yang ramah lingkungan di KIPP.

(aid/ara)