Menhub Dorong Swasta Bangun Pelabuhan RI, Ini Manfaatnya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 21:45 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi insan transportasi yang sudah melayani negeri melalui pembangunan, pengembangan dan pemberian pelayanan jasa transportasi. Ia mengajak untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada badan usaha baik nasional maupun asing untuk berperan dalam pembangunan pelabuhan di Indonesia. Pasalnya ada sejumlah manfaat jika pembangunan menggunakan skema pendanaan kreatif (creative financing) non-APBN.

Budi Karya mengatakan salah satu manfaat adalah adanya akselerasi atau percepatan pembangunan infrastruktur pelabuhan di tengah terbatasnya APBN.

"Kemudian masuknya investasi ke Indonesia dan juga semakin meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan di Indonesia," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Keberadaan pelabuhan sangat penting bagi Indonesia dalam menghubungkan antar pulau dan mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Tantangan yang kerap dihadapi dalam pembangunan infrastruktur yakni terbatasnya anggaran APBN.

"Jadi di sini peran pelaku atau Badan Usaha menjadi vital, turut serta membantu akselerasi pembangunan pelabuhan yang tidak bisa dipenuhi dengan hanya mengandalkan APBN," tuturnya.

Untuk itu pihaknya mendorong partisipasi swasta dengan tetap mengedepankan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku terkait pengelolaan pelabuhan.

Rincian kerja sama di halaman berikutnya.