Fakta soal Bendungan Bener dan Desa Wadas yang Kaya Akan Andesit

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Kamis, 10 Feb 2022 06:44 WIB
Lokasi Bendungan Bener, bendungan tertinggi di Indonesia
Ilustrasi Proyek di Wadas/Foto: Dok. Satker Bendungan Bener dari BBWS Serayu Opak
Jakarta -

Rencana pembangunan Bendungan Bener di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo tidak berjalan mulus. Warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang lahannya akan dibebaskan untuk tambang batu andesit melakukan penolakan.

Tak ayal sikap warga ini memicu ketegangan antara warga dan aparat. Aparat datang ke desa dan menangkap warga yang bersikeras menolak lahannya dibebaskan untuk penambangan batu andesit.

Warga cemas penambangan itu nantinya akan merusak sumber mata air dan sawah, lantaran sebagian besar mata pencaharian mereka adalah petani.

Warga menganggap lahan itu adalah sumber kehidupan mereka dan ketika ditambang berarti menghilangkan penghidupan Wadas yang berada di kawasan perbukitan Manoreh tersebut. Hal itulah yang menjadi pertimbangan warga unutk menolak dilakukan pertambangan.

Gubernur Jatwa Tengah Ganjar Pranowo pun bersikeras akan terus melanjutkan proses tambang di Desa Wadas. "Apakah kuarinya akan tetap dilanjut terus? Iya," kata Ganjar, Rabu (09/02/2022).

Ganjar mengatakan semua tahap telah dilalui, bahkan melibatkan para pakar, hingga akhirnya memutuskan lokasi tambang di Desa Wadas. Pihaknya bersama stakeholder lain terus berusaha memberi pemahaman kepada warga yang belum setuju dengan kuari tersebut.

Sementara itu, Peneliti Geologi di Pusat Riset Oseanografi - BRIN, Yunia Witasari mengatakan pertambangan andesit di Desa Wadas sebenarnya sudah lama ada. "Setahu saya memang banyak batu andesitnya di situ dan dari dulu ditambang," katanya.

Meski sudah lama ada aktivitas pertambangan sejak dulu, menurutnya, ada kemungkinan sekarang ini ditemukan lagi letak andesit di Desa Wadas yang bagus untuk ditambang.

"Mungkin yang selama ini belum terbuka keluar. Jadi, setelah ada pembukaan lahan, baru ketemu ternyata ada lagi (batu andesit)," jelasnya.

Lanjut halaman berikutnya soal proyek di desa Wadas.



Simak Video "Ganjar Pastikan Warga Bisa Manfaatkan Lahan Bendungan Bener"
[Gambas:Video 20detik]