ADVERTISEMENT

3 Fakta Unik Tol Bali Mandara yang Dibuka Lagi Pagi Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 08:00 WIB
Sejumlah gempa mengguncang wilayah barat Pulau Jawa yang getarannya terasa hingga Jakarta. Gempa harusnya bukan hal yang aneh terjadi di Indonesia mengingat wilayah Indonesia masuk dalam cincin api atu ring of fire.
Dengan kondisi tersebut, bagaimana ketahanan infrastruktur RI terhadap gempa? Salah satu infrastruktur yang mendapat perhatian adalah jalan tol Bali Mandara yang hampir 100% strukturnya merupakan jalan layang yang membentang di atas laut. Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol, Akhmad Tito Karim, berani menjamin jalan tol yang dikelolanya tahan terhadap gempa. Dalam desainnya, jalan tol ini tahan terhadap gempa 1.000 tahun, kata dia saat berbincang dengan detikFinance, akhir pekan lalu.
Foto: Istimewa/Jasamarga Bali Tol
Jakarta -

Tol Bali-Mandara menjadi satu-satunya jalan tol yang ada di Bali saat ini. Dalam rangka Hari Raya Nyepi, tol ini dilakukan penutupan sementara mulai Rabu 2 Maret 2022 Pukul 23.00 WITA, dan dioperasikan kembali pada Jum'at 4 Maret 2022 Pukul 07.00 WITA.

Tol yang menelan biaya pembangunan Rp 2,4 triliun ini menjadi satu-satunya tol di atas laut yang dimiliki Indonesia. Mau tahu apa saja fakta unik dari tol kebanggaan masyarakat Bali ini? Berikut 3 fakta yang wajib kamu tahu!

1. Terpanjang di Dunia

Tol Bali-Mandara menjadi salah satu jalan jol atas air yang terpanjang di dunia. Jalan Tol ini memiliki pemandangan laut cukup indah, didesain dengan menjaga estetika, keindahan arsitekturnya, dan ornamen budaya khas Bali.

2. Arti Nama Mandara

Arti nama Mandara sendiri berasal dari singkatan Maju, Aman, Damai dan Sejahtera. Tol ini mengusung konsep green, strong, dan beauty toll road.

Saat diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2013 lalu, awalnya calon nama yang diusulkan kepada Presiden SBY oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika adalah Soekarno-Hatta dan Bali Mandara. Pastika berharap tol ini memiliki nama dengan unsur Bali.

Namun akhirnya tol ini diberi nama Bali Mandara yang bermakna Bali yang agung dan juga Bali yang maju aman, damai, dan sejahtera.

3. Jalur Sepeda Motor

Tol ini menjadi satu-satunya Jalan Tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Jalan bebas hambatan sepanjang 12,7 km ini menghubungkan wilayah Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT