ADVERTISEMENT

Gubernur Bali Usul Nama Tol Gilimanuk-Mengwi Jadi Jagat Kerthi, Apa Artinya?

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 10:56 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster.
Foto: Gubernur Bali Wayan Koster. (Sui Suadnyana/detikcom)
Jakarta -

Hari ini resmi dilakukan penandatanganan perjanjian pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali. Acara ini disaksikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Acara penandatanganan perjanjian pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi ini juga turut dihadiri Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Gubernur Bali Wayan Koster dan seluruh jajaran pemerintah Provinsi Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan harapan dan keinginannya untuk Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi.

Wayan mengatakan bahwa jalan tol ini akan menjadi akses infrastruktur demi berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan perekonomian baru, dan juga untuk menyeimbangkan dan menyamaratakan perekonomian di seluruh Provinsi Bali.

"Oleh karena itu, sejalan dengan visi Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, mohon izin kepada Bapak (Menteri PUPR) berkenan menyetujui saya mengusulkan diberi nama Tol Jagat Kerthi Bali, yang memiliki makna bahwa jalan tol ini merupakan infrastruktur perekonomian yang akan memberi kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat," ujar Wayan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Selasa (8/3/2022).

Ia juga menyampaikan bahwa dalam pembangunan jalan tol ini sudah dilakukan sosialisasi dan konsultasi publik dalam 2 tahap.

Tahap pertama kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Denpasar, Bali. Serta, tahap kedua yaitu kegiatan sosialisasi dan konsultasi publik kepada masyarakat pemilik lahan.

"Dari sebanyak 8.643 orang pemilik lahan, sebanyak 8.641 warga yang setuju dan hanya 2 warga yang tidak setuju. Jadi kalau di persen yang setuju itu sekitar 99,9%," imbuhnya.



Simak Video "3 Titik Gerbang Tol Bali Mandara Mulai Dipasang PLTS"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT