ADVERTISEMENT

Bertahan di Tengah Pandemi, Bandara Kertajati Andalkan Kargo

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 11 Mar 2022 21:00 WIB
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati kini sepi karena tidak ada penerbangan komersial. Kondisinya bak mati suri.
Foto: Erick Disy Darmawan

Adapun operasional Trigana Air menyusul maskapai Asia Cargo yang telah membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati sejak Desember 2021. Awaluddin menuturkan beroperasinya dua maskapai khusus mengangkut kargo ini menandakan Bandara Kertajati memiliki daya tarik bagi sektor logistik nasional.

"Geliat angkutan kargo mulai terlihat di Bandara Kertajati seiring dengan beroperasinya dua maskapai yang khusus mengangkut kargo," ujar Awaluddin.

Plt. EGM Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan penerbangan kargo di Bandara Kertajati dilayani setiap hari atau daily. Trigana Air memiliki jadwal setiap hari, sedangkan Asia Cargo membuka jadwal di Selasa dan Sabtu.

"Trigana Air melayani penerbangan setiap hari atau daily, sebanyak dua flight per hari. Sementara itu, Asia Cargo melayani penerbangan pada Selasa dan Sabtu masing-masing satu flight per hari," jelas Nuril Huda.

Dia menuturkan kapasitas angkut setiap pesawat kargo untuk satu kali penerbangan adalah 15 ton untuk berbagai tujuan. Adapun jenis kargo yang diangkut sebagian besar adalah barang atau produk dari e-commerce.

AP II sendiri tengah menyiapkan pengembangan kawasan Cargo Village di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kertajati guna mengoptimalkan potensi yang ada di sektor angkutan kargo.


(hal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT