3 Pekerja Proyek Cijago Tertimpa Longsoran Tanah, Begini Kronologinya

ADVERTISEMENT

3 Pekerja Proyek Cijago Tertimpa Longsoran Tanah, Begini Kronologinya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 17:06 WIB
Tol Cijago seksi 3 yang menghubungkan Kukusan-Cinere akhirnya dibangun
Foto: Sylke Laucerino
Jakarta -

Kecelakaan kerja terjadi di Proyek Jalan Tol Jalan Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi III. Kejadian ini terjadi pada galian pile cap yang membuat beberapa pekerja galian tertimpa runtuhan tanah.

Project Manajer Proyek Jalan Tol Cijago seksi III Hamzah Gunawijaya menyampaikan kronologi singkat kecelakaan. Kejadian berawal dari proses pelaksanaan pemasang batas elevasi galian. Hamzah menjamin pekerjaan juga dilakukan sesuai dengan prosedur keselamatan. Pekerjaan sendiri dilakukan oleh KSO LMA dan PP Presisi (PPRE).

"Perlu kami sampaikan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di lokasi proyek yang sedang dikerjakan oleh KSO LMA-PPRE, di mana berawal dari proses pelaksanaan pemasangan batas elevasi galian sesuai dengan prosedur Quality & Keselamatan KSO LMA-PPRE," ungkap Hamzah dalam keterangannya, Selasa (22/3/2022).

Ketika pekerjaan galian sudah mencapai kedalaman kurang lebih sekitar 3,5 m, korban pertama yaitu Asisten Surveyor turun ke lokasi galian untuk melakukan pemasangan batas elevasi galian. Namun terjadi longsor pada galian yang akan di cek dan korban tertimpa longsoran.

Secara refleks rekan korban dengan jabatan Flagman membantu korban pertama menggali tanah longsor tersebut. Namun terjadi longsoran lagi yang menimpanya, longsoran berada persis di belakangnya. Satu orang pekerja lagi dengan jabatan Asisten Surveyor yang juga ada di lokasi kejadian ikut tertimpa longsoran.

"Pertolongan pertama dilakukan langsung oleh tim lapangan PPRE dan karyawan PO Cahaya Trans Wisata yang kebetulan berada di dekat lokasi," ungkap Hamzah.

Dari tiga orang itu, salah satu korban setelah diselamatkan dari longsoran tanah sudah dalam keadaan sehat dan kembali beraktivitas.

Namun, dua lainnya harus dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil warga dan ambulans perusahaan. Keduanya dibawa menuju RS Puri Cinere dan Klinik Kita Krukut. Beruntungnya, diagnosis dokter menyatakan bahwa kedua korban tersebut dalam keadaan sehat dan diizinkan untuk pulang.

"Kecelakaan tersebut terjadi akibat faktor alam di mana tanah tidak stabil. Saat ini kedua korban tersebut dalam kondisi istirahat di mess proyek," papar Hamzah.

Kecelakaan kerja itu tepatnya terjadi di lokasi Abutmen 2 Overpass Jembatan Limo Raya pada Senin, 21 Maret 2022 pukul 15.37 WIB.



Simak Video "Kelesuan Pasar Global Sebabkan PHK Massal Industri Padat Karya"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT