Aduh! Bandara Kediri Disorot DPR: Singgung Banjir Hingga Terlalu Megah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 17:30 WIB
Pembangunan Bandara Kediri terus berlangsung. Sudah sejauh mana progres pembangunan bandara yang ditarget beroperasi tahun 2023 ini?
Pembangunan Bandara Kediri terus berlangsung/Foto: Andhika Dwi/Detikcom
Jakarta -

Pembangunan Bandara Dhoho Kediri sedang berlangsung. Bandara internasional ini dibangun dengan skema KPBU yang melibatkan pabrikan rokok nasional Gudang Garam.

Anggota Komisi V DPR RI Sudewo memberikan beberapa catatan penting soal bandara bercap proyek strategis nasional (PSN) ini. Catatan yang pertama adalah sistem pengendali banjir di Bandara Kediri.

Ada lima sungai yang mengalir di sekitar lokasi proyek bandara. Bila penanganan normalisasi sungai tidak dilakukan dengan baik bisa menimbulkan masalah banjir di kemudian hari pada bagian hilir sungai.

"Bandara Dhoho Kediri yang dibangun Gudang Garam ini ada masalah di situ, yaitu pengendalian banjir. Di kawasan terminal Bandara Dhoho itu ada lima sungai," ujar Sudewo dalam rapat kerja Komisi V DPR RI dengan Menteri Perhubungan, Senin (4/4/2022).

Dia mengatakan sejauh ini normalisasi baru dilakukan di sekitar lokasi proyek Bandara Kediri saja, sementara di hilir, khususnya di wilayah Nganjuk normalisasi tidak dilakukan.

Bisa-bisa, Sudewo mengatakan akan ada masalah banjir kiriman yang bisa terjadi. Dia meminta Kementerian Perhubungan memperhatikan hal ini.

"Saya khawatir model kerja begini itu over capacity di hilir, di hulu seolah tidak ada masalah, maka banjir kiriman bakal terjadi di Nganjuk. Seolah-olah di bandara nggak ada apa-apa, tapi di Nganjuk ada banjir disebabkan bandara ini," ungkap Sudewo.

DPR RI ingatkan soal desain Bandara Kediri. Cek halaman berikutnya.