ADVERTISEMENT

Antisipasi Macet Mudik, Tol Japek II Selatan Standby Dibuka

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 05:00 WIB
Foto udara proyek pembagunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT Jasa Marga melalui PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mencatat progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82 persen. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/YU
Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar: Progres Terkini Proyek Tol Japek II Selatan
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengizinkan mudik Lebaran tahun ini. Bahkan, cuti bersama Lebaran pun sudah ditentukan mulai 29 April, dilanjutkan 4, 5, dan 6 Mei 2022

Merespons kebijakan tersebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan agar fungsional jika terjadi kemacetan parah selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

"Jadi (Tol) Jakarta-Cikampek Selatan ini akan kita siapkan untuk fungsional, apabila terjadi kondisi kemacetan yang parah," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, dikutip dari Antara Kamis (7/4/2022)

Menteri Basuki mengatakan bahwa pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan ini sebagai antisipasi ruas fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran.

"Untuk pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan antara Sadang Km 62 dan Kutanegara Km 53 sepanjang 8,6 Km, sebagai antisipasi ruas fungsional untuk arus mudik-balik yang disambungkan ke Jalan Industri 15 Km dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui Gate Karawang Timur Km 54," terang Basuki.

Sebagai informasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan jalan Tol yang sedang dalam tahap pembangunan menghubungkan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta di Jati Asih, Bekasi dengan Jalan Tol Purbaleunyi di Sadang, Purwakarta.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 (Taman Mekar - Sadang) telah mencapai 62,17 persen, ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2022 mendatang. Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 92,04 persen.

Jalan Tol Japek Selatan nantinya akan memiliki peran penting dalam menghubungkan daerah-daerah di Jawa Barat. Selain itu juga berpotensi mendatangkan minat-minat investasi lain di Jawa Barat yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah industri, maupun wisata.

Simak Video 'Tak Ada Penyekatan saat Mudik 2022, Polisi Siapkan Skema Berikut':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT