Mudik Jakarta-Lampung Lewat Darat? Pantau Titik Macet Ini

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 09 Apr 2022 12:00 WIB
Sejumlah kendaraan memasuki gerbang tol pada ruas Tol Cengkareng- Batu Ceper- Kunciran, Kota Tangerang, Banten, Rabu (10/11/2021). PT Jasamarga Kunciran Cengkareng mulai menerapkan tarif pada ruas tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran mulai 11 November 2021 setelah beroperasi dengan tarif nol rupiah sejak tanggal 2 April 2021. ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN

Kementerian PUPR juga melakukan antisipasi terjadinya peningkatan lalu lintas di jalan tol pada Idulfitri 2022 di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan dan Kota Baru, berupa mengurai antrian pada GT Bakau Selatan dialihkan arus menuju GT Bakau Utara.

Di samping jalan tol, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung juga memastikan kondisi jalan nasional dalam keadaan baik. Jalan Nasional Provinsi Lampung memiliki total panjang mencapai 1,292.25 km terdiri dari lintas timur 285.96 km, lintas tengah 323.14 km, lintas barat 312.89 km dan lintas penghubung 341.58 km.

Kepala BPJN Provinsi Lampung Rien Marlia mengatakan terdapat beberapa titik rawan kemacetan seperti di pasar, persimpangan, lampu merah Kota Agung, exit tol Gerbang Natar. Antisipasi yang dilakukan dengan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Ketua Tim Kunker Spesifik Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR beserta jajarannya yang telah berupaya memberikan layanan jalan dengan baik, baik itu jalan tol maupun non tol. Ia berpesan agar dapat disiapkan antisipasi lonjakan pengemudi baik di jalan maupun rest area.


(eds/eds)