IKN Bakal Dilengkapi Bandara Baru, di Mana Lokasinya?

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 09 Apr 2022 21:02 WIB
Titik Nol IKN dari udara saat prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi di Ibukota Negara baru.
Foto: YouTube/Sekretariat Presiden: Kawasan titik nol IKN
Jakarta -

Bandara Baru Penunjang Ibu Kota Negara (IKN) bakal dibangun di luar wilayah IKN. Luas wilayah daratan IKN sendiri mencapai 256.142 hektare.

"Kalau rencana bandara khusus untuk pelayanan IKN ini memang tidak dialokasikan di wilayah IKN, nanti mungkin di luar wilayah 256.000 Ha ini," kata Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Abdul Kamarzuki dalam Konsultasi Publik II Rancangan Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN, Sabtu (9/4/2022).

Namun dia menjelaskan rencana tersebut masih didiskusikan bersama pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Masih dalam pembahasan dengan Kementerian Perhubungan," sebutnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 21 Februari meninjau lokasi calon Bandara Baru Penunjang IKN yang terletak di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Lokasi IKN memang berbatasan langsung dengan Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Budi menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis, yaitu berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan.

"Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN," kata Menhub melalui siaran pers kala itu.

Menurutnya, bandara baru ini nantinya memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777. Menhub optimistis, bandara baru tersebut bisa diselesaikan pada tahun 2024 mendatang.

"Titik tersebut telah sesuai dengan jaringan jalan yang direncanakan KemenPUPR dan Bappenas," tambahnya.

(toy/hns)