3 Fakta Jalan Lingkar Brebes-Tegal yang Diresmikan Jokowi buat Mudik

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 13 Apr 2022 21:15 WIB
Presiden Jokowi meresmikan jalan lingkar utara (jalingkut) Brebes-Tegal, Rabu (13/4/2022).
Foto: dok. Humas Kementerian PUPR. Jokowi Resmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Provinsi Jawa Tengah. Jalan Nasional sepanjang 17,4 km ini dapat digunakan untuk mendukung kelancaran saat mudik Lebaran.

Jokowi meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes. Berikut fakta-faktanya:

1. Panjang 17,4 Km

Jalan Lingkar Brebes-Tegal memiliki lebar 7,5 meter untuk dua lajur dan dilengkapi dengan delapan jembatan, masing-masing lima jembatan di wilayah Brebes dan tiga jembatan di wilayah Tegal.

"Alhamdulillah pada hari ini Jalan Lingkar Brebes-Tegal sepanjang 17,4 km sudah selesai dan jalan ini dilengkapi dengan 8 jembatan, di wilayah Brebes 5 jembatan dan di wilayah Tegal 3 jembatan," kata Jokowi dalam acara peresmian seperti disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/4/2022).

Kehadiran Jalan Lingkar ini, dijelaskan Jokowi melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura dan juga melengkapi jaringan jalan di Tol Trans Jawa.

2. Mudik Bakal Makin Lancar

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan bahwa kepadatan lalu lintas Kota Brebes dan Tegal sangat tinggi. Sejak dulu, lalu lintas di kedua kota tersebut sangat padat terutama menjelang mudik Lebaran dan Tahun Baru, serta hari-hari libur lainnya.

"Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal ini diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas sebesar hingga 48%, memperlancar konektivitas dan membantu kelancaran arus lalu lintas di wilayah Tegal dan Brebes," tutur Jokowi.

Dijelaskannya, jalur Pantura merupakan jalur yang sangat penting untuk menunjang kelancaran utamanya aktivitas mudik Lebaran. Keberadaan Jalan Lingkar Brebes-Tegal akan mendukung mobilitas tersebut.

"Jalan ini akan menjadi salah satu jalur alternatif untuk mudik Lebaran agar perjalanan masyarakat untuk mudik lebih lancar dan lebih cepat sampai di tujuan," tambahnya.

3. Telan Biaya Rp 224 Miliar

Pembangunan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019-April 2021. Biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp 224 miliar.

Sebelumnya, pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal sudah dimulai 4 km tahun 2010, lalu 2,5 km tahun 2017 dengan menelan biaya sekitar Rp 115 miliar.

(toy/das)