Update Persiapan Jalur Mudik dari PUPR

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 12:46 WIB
Hingar Bingar Mudik di Jalur Pantura Sebelum dan Saat Pandemi
Foto: Dok. detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan Kementerian PUPR bertanggung jawab terhadap prasarana jalan dan jembatan yang dilalui pemudik. Karena itu, PUPR terus menggenjot prasarana itu agar siap dilalui pemudik jelang Lebaran 2022.

Basuki pun memaparkan perkembangan terbaru prasarana di Jawa dan Sumatera yang sudah ditangani PUPR yang nantinya bisa dilalui para pemudik.

Diantaranya, prasarana jalan nasional di Jawa. Ia menjelaskan, dari Pejagan sampai Purwokerto melalui Prupuk itu sudah bagus. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kemacetan di jalan tersebut.

"Dari Cirebon ke Cilacap saya kira juga bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura Tengah dan Selatan. Jadi di jawa ini ada 3 jalur, Pantura di Utara, Tengah dan Selatan. Selatan ada dua yang satu jalan nasional, yang satu yang Pansela itu, Pantai Selatan Jawa. Itu jadi ada prasarana itu" katanya kepada awak media, di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Selain itu jembatan Ploso di Jombang yang menurutnya biasa jadi titik kemacetan sudah diperbaiki. Sebelumnya jembatan itu ketika dilalui pengendara jembatannya bergetar dan kerap terjadi kemacetan.

Begitu pun jembatan Ngaglik di Lamongan. Jembatan ini sudah selesai diperbaiki setelah rusak oleh truk obesitas atau over dimension over load (ODOL).

Selain itu, perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung.

Perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Sumatera Selatan juga sudah selesai. Sebelumnya di jalan itu terdapat 150 lubang. Basuki akhirnya membentuk 5 tim untuk melakukan perbaikan di jalan itu.

Kemudian untuk perkembangan jalan tol, Basuki menyampaikan di Sumatera antara Bakauheni - Terbanggi Besar sudah selesai diperbaiki.

"Dan di Jawa juga saya kira perbaikan-perbaikan sudah dilakukan di Pejagan - Pemalang sudah selesai," ujarnya.

Menurutnya, tol sudah siap 100% untuk dilalui. Hanya rest area saja yang perlu dilakukan pengembangan, seperti penambahan bilik-bilik toilet.

Simak juga video 'Jokowi Ajak Warga Mudik Lebih Awal: Daripada Macet':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)