Ada Jalan Tol Baru Buat Mudik ke Bandung Nih! Ini Tips dan Cara Aksesnya

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 22 Apr 2022 16:51 WIB
Foto udara proyek pembagunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022). PT Jasa Marga melalui PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mencatat progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82 persen. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/YU
Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (16/2/2022)/Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

Bagi masyarakat yang berencana mudik ke Bandung nantinya bisa melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. jalan tol ini dibuka fungsional mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang sampai Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer (km).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan beroperasi fungsional mulai dari Sta 62+000 sampai Sta 53+500 sebagai jalur alternatif pengguna jalan pada periode arus mudik dan balik, tepatnya dari Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

"Pada periode arus balik, jalur fungsional ini nantinya akan membantu mengurangi kepadatan di SS Dawuan Km 67 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan sekitarnya yang melewati Jalan Tol Cipularang serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Untuk itulah waktu pengoperasian jalur fungsional ini nantinya mengikuti diskresi Kepolisian dengan melihat situasi lalu lintas terkini," ujar Direktur Utama PT JJS Charles Lendra dalam keterangannya, Jumat (22/4/2022).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga merupakan salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta pada saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas one way arus mudik oleh pihak Kepolisian.

"Ketika one way diberlakukan pada arus mudik, maka jalur fungsional ini sesuai diskresi Kepolisian nantinya bisa diakses oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta, melanjutkan perjalanan melalui jalan non tol," kata Charles.

Tips Lewat Tol Jakarta-Cikampek II Selatan

Untuk melewati jalur fungsional, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu awas dan berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas. Selain itu, patuhi arahan petugas di lapangan serta perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan saat melalui jalur fungsional, serta pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh BBM sebelum memasuki jalur fungsional.

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan bagian dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 km yang saat ini tengah menjadi prioritas pekerjaan dari total proyek secara keseluruhan.

Total panjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan nantinya mencapai 62 Km yang dibagi atas 3 seksi pekerjaan yaitu Seksi 1: Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 Km, Seksi 2: Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 Km dan Seksi 3: Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 Km.

Cara akses Tol Jakarta-Cikampek II Selatan di halaman berikutnya.