Rute Mudik Lebaran 2022 Lewat Pansela, Bisa Sekalian Healing!

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 25 Apr 2022 14:53 WIB
Great Ocean Road Pacitan
Penampakan Great Ocean Road Pacitan di Pansela, Salah Satu Rute Mudik Lebaran 2022/Foto: Dok detikcom
Jakarta -

Rute mudik Lebaran 2022 ada berbagai macam. Salah satu rute mudik Lebaran 2022 yang dianjurkan pemerintah sebagai alternatif ialah Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa. Jalur Pansela bisa jadi pilihan rute mudik Lebaran 2022 selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan dengan adanya tiga jalur mudik di Pulau Jawa, diharapkan beban terbagi pada saat mudik. Terlebih, khusus jalan Pansela terdapat 'surga tersembunyi' karena banyak tempat wisata pantai.

"Untuk itu saya ajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela ini, jalan dengan pemandangan yang indah yang melewati banyak tempat lokasi wisata pantai. Pemandangannya indah dan instagramable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," sebut Basuki, dalam keterangannya, dikutip Senin (25/4/2022).

Dia menjelaskan Lintas Pansela sudah tembus dari Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Secara total sudah terhubung sepanjang 1.242 kilometer (km).

"Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB) ini dimulai sejak 6 tahun lalu, kita bangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan kita teruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur," ujar Basuki.

Rute Mudik Lebaran 2022 via Pansela

Ruas jalan Pansela terbentang melintasi lima provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km, lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km. Selanjutnya di Provinsi DI Yogyakarta (DIY) dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 km.

Ada posko mudik di Rute Mudik Lebaran 2022 Pansela

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY Wida Nurfaida mengatakan, di Pansela wilayah Jawa Tengah-DIY telah disiapkan empat Posko Siaga Mudik Sapta Taruna.

Masing-masing sebanyak dua posko di wilayah Jawa Tengah tepatnya di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo dan di Ruas Giriwoyo - Glonggong (KM.77+550), sementara di DIY terdapat di Ruas Tepus- Jerukwudel Kabupaten Gunung Kidul dan Ruas Samas-Girijati Kabupaten Bantul.

"Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela, dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet dan mushola. Posko ini juga untuk antisipasi jika ada kejadian bencana yang siap koordinasi dengan Posko Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan juga," kata Wida.

Sementara untuk keamanan pengendara, Wida menyatakan sudah mengecek kesiapan Penerangan Jalan Umum (PJU) dari Jladri ke arah Yogyakarta. "Ada spot tertentu yang tidak ada PJU, kita pasang patok lalu lintas atau delineator pengaman, guardrail/pagar pengaman jalan, dan stiker pantul (reflektor)," ujarnya.

Jumlah SPBU di rute mudik Lebaran 2022 lewat di Jalur Pansela. Klik halaman berikutnya.