Lengkap, Segini Total Ongkos Mudik Jakarta-Bandung via Tol PP Plus BBM

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 07:00 WIB
Kondisi Jalan Tol Jakarta-Bandung
Foto: Kondisi Jalan Tol Jakarta-Bandung (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

Lebaran 2022 tinggal menghitung hari. Sejumlah ruas tol telah dipersiapkan untuk menerima kedatangan para pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Perjalanan dari Jakarta menuju Bandung menggunakan mobil pribadi via tol menjadi salah satu yang ramai pada musim mudik. Bagi yang berminat melakukan perjalanan ke sana, ketahui dulu kisaran ongkosnya mulai dari BBM, hingga tarif tol untuk persiapan saldo uang elektroniknya.

detikcom jajal pergi ke Bandung, Senin (25/4/2022), dengan keluar di Padalarang. Titik kami berangkat dari daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sebelum berangkat, kami pastikan bensin dan e-money sudah terisi full.

Untuk BBM, sebelum berangkat kami melakukan pengisian penuh di SPBU Pertamina sebesar Rp 300.000. Pengisian dilakukan Pertalite yang harganya Rp 7.650 per liter, berarti sekitar 39,2 liter untuk 'minum' Avanza yang kami tumpangi.

Untuk tarif tol dari Jakarta-Bandung keluar Padalarang, biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan sebesar Rp 73.500 (Golongan I). Kami melewati Tol Dalam Kota dengan tarif Rp 10.500, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Rp 20.000, Tol Cipularang (SS Dawuan-SS Padalarang) Rp 42.500, Tol Padaleunyi (SS Padalarang-Padalarang) Rp 500.

Untuk perjalanan balik, dari Tol Padalarang Timur kami mencoba melewati Tol Japek II Selatan yang nanti akan dibuka secara fungsional. Posisinya berada di sebelah kiri Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) km 76, di mana waktu pengoperasiannya mengikuti diskresi kepolisian dengan melihat situasi lalu lintas terkini dan saat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way arus mudik.

Jalur fungsional Tol Japek II Selatan tidak dikenakan tarif, namun kami harus tetap melakukan tapping di GT Sadang Fungsional. Di gerbang tol ini, pengguna jalan akan membayar tarif Jalan Tol Cipularang dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang.

Dikarenakan kami dari Gerbang Tol Padalarang, maka saat mengakses jalur fungsional Tol Japek II Selatan harus membayar tarif sebesar Rp 35.500. Itu merupakan tarif Tol Cipularang hingga GT Sadang.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Mudik Tahun Ini Siap-siap Rogoh Kocek Agak Dalam, Tarif Tol Cipali Naik Nih"
[Gambas:Video 20detik]