Pulang Mudik dari Bandung ke Jakarta Ada Alternatif Tol, Catat Rutenya!

ADVERTISEMENT

Pulang Mudik dari Bandung ke Jakarta Ada Alternatif Tol, Catat Rutenya!

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 08:10 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan standby dibuka jika terjadi kemacetan parah selama arus mudik dan balik Lebaran 2022.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan standby dibuka jika terjadi kemacetan parah selama arus mudik dan balik Lebaran 2022. Jalur fungsional ini dibuka khusus untuk perjalanan dari Bandung ke Jakarta.

detikcom jajal jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan dari GT Padalarang, Senin (25/4/2022). Posisinya berada di sebelah kiri Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) km 76, di mana waktu pengoperasiannya akan mengikuti diskresi kepolisian dengan melihat situasi lalu lintas terkini dan saat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way arus mudik.

Jalan tol itu dibuka fungsional mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang sampai Kutanegara sepanjang 8,5 km. Sepanjang jalur itu tidak dikenakan tarif, namun pengguna tetap melakukan tapping di GT Sadang Fungsional untuk membayar tarif Jalan Tol Cipularang dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang.

Dikarenakan kami dari Gerbang Tol Padalarang, maka saat mengakses jalur fungsional Tol Japek II Selatan harus membayar tarif sebesar Rp 35.500. Itu merupakan tarif Tol Cipularang hingga GT Sadang.

Jalur fungsional Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km sudah mulus dengan material beton sehingga mobil kami bisa melaju dengan kecepatan 60-80 km/jam. Sayangnya sejauh mata memandang, belum ada penerangan dan minimnya rambu petunjuk jalan.

Ada dua toilet portabel di samping GT Sadang Fungsional yang bisa digunakan pemudik. Sementara untuk pengisian BBM, tidak ditemukan di sepanjang jalur fungsional Tol Japek II Selatan tersebut.

Meski begitu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) mengaku akan menyiapkan fasilitas pendukung di jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan seperti penerangan, perambuan, stick cone dan flag man untuk memandu pengguna jalan, petugas dan pos pantau, fasilitas pengisian bahan bakar sementara, serta fasilitas pendukung lainnya.

Bagi yang mau melewati jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati karena kondisi jalan yang masih terbatas. Selain itu, patuhi arahan petugas di lapangan serta perambuan yang berlaku, termasuk batas maksimal kecepatan kendaraan yang diperbolehkan.

"Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan isi penuh BBM sebelum memasuki jalur fungsional," kata Direktur Utama PT JJS, Charles Lendra dalam keterangan tertulis.

Setelah melewati jalur fungsional Tol Japek II Selatan, kami harus melewati jalan non tol sepanjang 15-20 km untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur di km 54. Jalan itu hanya cukup satu lajur setiap arahnya.



Simak Video "Progres Dikebut! Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam Kian Nyata"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT