Catat! Ini Tol Jasa Marga yang Rampung di 2022

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 27 Apr 2022 20:15 WIB
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Jakarta - Cikampek II Selatan Seksi 3 di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022). PT Jasa Marga akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Japek II Selatan secara situasional sebagai salah satu alternatif rekayasa lalu lintas untuk memecah kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Proyek Tol Japek II Selatan dari Udara/Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan menyelesaikan dua tol tahun ini. Tol yang rampung itu yakni Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 dan Tol Serpong-Cinere Seksi 2.

Tol Japek II Selatan Seksi 3 memiliki panjang 27 kilometer (km) yang menghubungkan Taman Mekar-Sadang.

"Tol baru di 2022 yang pertama yang tadi disampaikan Japek Selatan itu insyaallah untuk Seksi 3 itu bisa diselesaikan di akhir tahun ini," kata Direktur Pengembangan Jasa Marga Agus Setiawan dalam konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Selanjutnya, tol Jasa Marga yang rampung tahun ini adalah Tol Serpong-Cinere Seksi 2 yang menghubungkan Pamulang-Cinere. Saat ini, tol tersebut sedang menunggu uji laik fungsi (ULF). Sementara, untuk Seksi 1 yakni Serpong-Pamulang sudah beroperasi April 2021 lalu.

Lanjut Agus, masih ada pekerjaan rumah untuk mengoperasikan Tol Serpong-Cinere. Sebab, tol yang akan terhubung ke Tol Jagorawi ini masih menyisakan pekerjaan di Tol Cinere-Jagorawi yang dikelola PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ).

"Kedua kita masih punya PR untuk mengoperasikan untuk ruas Cinere-Serpong. Sebagaimana temen-temen media ketahui belum tersambung ke Jagorawi. Masih ada di ruas Jagorawi-Cinere. Nah Jagorawi-Cinere menjadi tugasnya TLKJ," katanya.

"Memang ada sebagian di tempatnya kami di Cinere-Serpong. Secara konstruksi sebetulnya sudah insyaallah sudah selesai tinggal proses uji laik fungsi. Jadi dari ruas Cinere sampai Pamulang, yang sudah dioperasikan Pamulang-Serpong, yang belum Pamulang ke Cinere," ujarnya.

(acd/ara)