Tol Terpanjang di RI Mulai Dibangun Akhir 2022, Begini Tahapannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 27 Apr 2022 20:30 WIB
Tol Gedebage-Cilacap
Foto: Tol Gedebage-Cilacap (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap akan mulai dibangun pada akhir tahun ini. Tol dengan panjang sekitar 206 kilometer (km) ini digadang-gadang sebagai tol terpanjang di Indonesia.

Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk Agus Setiawan mengatakan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tol ini baru saja diteken. Saat ini, pembangunan tol dalam tahap penyiapan rencana teknik akhir.

"Prosesnya saat ini karena baru ditandatangani perjanjian pengusahaan jalan tolnya saat ini masih proses untuk penyiapan rencana teknik akhir. Dan kontruksinya kita rencanakan pada awal tahun 2023. Jadi mungkin pada akhir 2022, atau pada awal 2023," katanya dalam konferensi pers, Rabu (27/4/2022).

Dia mengatakan, masih banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Sejalan dengan itu, pihaknya juga mulai melakukan pembahasan dengan bank untuk mendapatkan pembiayaan.

"Ini masih banyak yang harus disiapkan untuk Gedebage-Tasik ini tahap 1 selain rencana teknik akhir masih dalam proses, juga tentu kami akan mulai pembahasan dengan perbankan untuk mendapatkan pembiayaan," ujarnya.

"Sebagaimana temen-temen ketahui kalau pembiayaan jalan tol 30% dari para pemegang saham, 70% nya dari pembiayaan yang diberikan oleh perbankan," sambungnya.

Ia menuturkan, pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap dilakukan secara bertahap. Hal ini akan membantu Jasa Marga fokus pada saat konstruksi dan mencari pembiayaan.

"Itu panjangnya 206 km tapi sesuai PPJT-nya dilakukan pentahapan. Ini penting diinformasikan karena pentahapan ini tentu memfokuskan kami saat mengkonstruksi dan memfokuskan kami saat penyediaan untuk pembiayaan. Meskipun panjangnya 206 km sampai dengan Cilacap tapi tahap 1 itu sampai dengan Tasik," ujarnya.

Tol Gedebage-CilacapTol Gedebage-Cilacap Foto: Tol Gedebage-Cilacap (Fauzan Kamil/detikcom)
(acd/ara)