Bakal Ada 4 Jalan Tol Kelilingi IKN, Ini Daftarnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 11:41 WIB
Jalan Tol Bakauheni–Bandar Lampung–Terbanggi Besar adalah jalan tol sepanjang 140,938 kilometer yang sedang dalam tahap pembangunan dan rutenya dimulai dari Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah). Jalan tol ini merupakan jaringan dari Jalan Trans-Sumatera. Peresmian pembangunan jalan tol ini dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo.
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pemerintah sudah mengeluarkan aturan tata ruang untuk kawasan ibu kota negara (IKN) baru. Dalam beleid itu, bakal ada 4 ruas jaringan jalan tol yang akan dibangun di IKN.

Hal itu semua tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64/2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042. Dalam Perpres tersebut, ada kelompok pasal yang mengatur soal sistem jaringan transportasi.

Jalan tol masuk dalam sistem jaringan jalan yang bakal dibangun. Selain jalan tol, bakal ada pembangunan jalan umum, jalan khusus, terminal penumpang, terminal barang, jembatan timbang, dan jembatan.

Dilihat detikcom, Kamis (12/5/2022), ada sekitar 4 jalan tol yang bakal dibangun di IKN. Hal itu diatur dalam pasal 36 Perpres 64 tahun 2022.

Empat jalan tol yang dimaksud meliputi Jalan Tol Balikpapan Samarinda KM I l-junction Pulau Balang dan Jalan Tol Bandar Udara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan Samarinda.

Selanjutnya, ada juga Jalan Tol Bandara VVIP-outer ringroad Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN dan Jalan Tol Junction Pulau Balang-KIPP IKN.

Masih dalam jaringan jalan angkutan darat di IKN juga bakal dibuat dua terminal penumpang. Hal itu dijelaskan pada pasal 37.

Mulai dari Terminal penumpang tipe A pada Wilayah Perencanaan (WP) IKN Timur I di Kecamatan Sepaku dan terminal penumpang tipe B pada WP KIPP di Kecamatan Sepaku dan pada WP Simpang Samboja di Kecamatan Samboja.

Pemerintah juga bakal membangun Terminal Barang di WP Simpang Samboja di Kecamatan Samboja. Ada juga fasilitas jembatan timbang juga di WP Simpang Samboja.

Lihat juga video 'Begini Tahapan Pemindahan ASN hingga TNI-Polri ke IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)