Heboh Desain Bangunan IKN Disindir 'Nyontek' Gedung Parlemen Canberra

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 18:00 WIB
Konsep Desain Istana Ibu Kota Negara
Foto: Konsep Desain Istana Ibu Kota Negara (Istimewa/Instagram Nyoman Nuarta)
Jakarta -

Desain bangunan ibu kota negara (IKN) baru jadi gunjingan netizen di Twitter. Desain salah satu bangunan di IKN disebut-sebut 'menyontek' dan memiliki kemiripan dengan Gedung Parlemen Canberra di Australia.

Perbincangan netizen diawali dari komentar pemerhati tata kota Elisa Sutanudjaja lewat akun Twitternya @elisa_jkt. Wanita yang juga merupakan Direktur Rujak Center for Urban Studies itu menilai ada salah satu desain bangunan di IKN yang mirip dengan Gedung Parlemen di Canberra.

Elisa mengomentari unggahan beberapa informasi soal IKN dari Kementerian PUPR lewat akun resminya. Kementerian PUPR mengunggah informasi bentuknya berupa foto dengan sedikit tambahan informasi tertulis di dalamnya.

Foto-foto yang diunggah bagaikan menggambarkan bentuk dan suasana IKN. Dilihat detikcom, Selasa (10/5/2022), unggahan itu dikomentari Elisa dan disebut mirip dengan salah satu monumen gedung di Canberra.

Desain Bangunan IKN Disebut Mirip Gedung Parlemen CanberraDesain Bangunan IKN Disebut Mirip Gedung Parlemen Canberra Foto: Dok. Akun Twitter Kementerin PUPR

Komentar Elisa disertai foto bentuk monumen yang ada di Gedung Parlemen Canberra. Dalam komentarnya itu disebut desain IKN 'menyontek' bangunan yang sudah ada.

Foto yang diunggah Elisa adalah bentuk monumen bendera di depan Parliament House yang ada di Capital Hill, Canberra, Australia. Bentuknya berupa monumen tiang bendera yang ditopang dengan 4 tiang.

Setiap tiang penopangnya bentuknya miring, sehingga kalau dilihat tiang penopang itu membentuk bentuk segitiga. Tentunya, di pucuk tiang ada bendera Australia berkibar.

Nah di salah satu foto yang diunggah Kementerian PUPR ada sebuah desain gedung besar yang di atapnya memiliki monumen mirip dengan tiang bendera di Gedung Parlemen Canberra. Dalam keterangan Kementerian PUPR gambar desain gedung itu disebut 'Bhinneka Tunggal Ika'.

Elisa pun memberikan konfirmasi terkait cuitannya itu. Baca di halaman berikutnya.



Simak Video "PDIP soal Pembangunan IKN Libatkan Dana Masyarakat: Kenapa Tidak? "
[Gambas:Video 20detik]