Desain Bangunan IKN Disindir Netizen 'Nyontek' Gedung Parlemen Canberra

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 10 Mei 2022 14:35 WIB
Desain Bangunan IKN Disebut Mirip Gedung Parlemen Canberra
Foto: Dok. Akun Twitter Kementerin PUPR: Desain Bangunan IKN yang Disebut Mirip Gedung Parlemen Canberra
Jakarta -

Desain bangunan ibu kota negara (IKN) baru jadi perbincangan warganet di Twitter. Desain salah satu bangunan disebut menyontek dan memiliki kemiripan dengan Gedung Parlemen Canberra di Australia.

Awalnya, Kementerian PUPR lewat akun resmi Twitternya mengunggah beberapa informasi soal IKN. Bentuknya berupa foto dengan sedikit tambahan informasi tertulis di dalamnya. Foto-foto yang diunggah bagaikan menggambarkan bentuk dan suasana IKN.

Dilihat detikcom, Selasa (10/5/2022), unggahan itu dikomentari oleh salah satu warganet dan disebut mirip dengan salah satu monumen gedung di Canberra. Komentar itu disertai foto bentuk monumen yang dibilang mirip tersebut. Dalam komentar itu disebut desain IKN 'menyontek' bangunan yang sudah ada.

Foto bangunan yang mirip itu setelah dicek melalui Google Images adalah Parliament House di Capital Hill, Canberra, Australia. Bentuknya berupa monumen tiang bendera yang ditopang dengan 4 tiang.

Setiap tiang penopangnya bentuknya miring, sehingga kalau dilihat tiang penopang itu membentuk bentuk segitiga. Tentunya, di pucuk tiang ada bendera Australia berkibar.

Nah di salah satu foto yang diunggah Kementerian PUPR ada sebuah desain gedung besar yang di atapnya memiliki monumen mirip dengan tiang bendera di Gedung Parlemen Canberra. Di pucuk tiang ada bendera merah putih berkibar.

detikcom mencoba untuk mengkonfirmasi hal ini ke Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis H Sumadilaga. Hanya saja Danis tak ingin berkomentar banyak.

Danis menyatakan sejauh ini yang dia tahu memang belum ada desain gedung di IKN yang sudah siap. Semuanya masih dalam tahap sayembara. "Setahu saya desain-desain gedung masih tahap sayembara," ungkap Danis ketika dihubungi detikcom.

Lanjut di halaman berikutnya.

Lihat juga video 'Pemerintah Targetkan Aturan Turunan UU IKN Rampung Minggu Depan':

[Gambas:Video 20detik]