ADVERTISEMENT

Disaksikan Anies, MRT Gandeng Crossrail Inggris Garap Proyek Fase 3

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Sabtu, 14 Mei 2022 14:05 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri penandatanganan kontrak untuk melanjutkan pembangunan proyek jalur MRT dari Bundaran HI menuju Harmoni.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom: Ilustrasi MRT Jakarta
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin mengubah Jakarta dari kota yang padat lalu lintas dan tercemar menjadi kota yang lebih berkelanjutan dan tahan iklim.

Atas dasar itu PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama dengan Crossrail International telah melakukan pembaruan kesepakatan bersama yang dituangkan melalui nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak.

Pembaruan kesepakatan ini ditegaskan dalam rangka perluasan jalur serta pembangunan sistem perkeretaapian perkotaan dalam mencapai mobilitas berkelanjutan secara global.

Kerja sama antar kedua pihak telah disepakati melalui penandatanganan MoU yang dilaksanakan di KBRI London pada Kamis (12/5), penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dan Paul Dyson selaku CEO Crossrail International serta disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris Desra Percaya dan Anies Baswedan.

"Kerja sama ini merupakan tindakan kolektif dalam menghadapi krisis global untuk membangun dunia yang lebih tangguh dan berkelanjutan. Sejalan dengan tujuan ini, Jakarta telah mengatur ulang visi kota untuk berubah dari kota yang padat lalu lintas dan tercemar menjadi kota yang lebih berkelanjutan dan tahan iklim," paparnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/5/2022).

Lebih lanjut Anies menjelaskan bahwa kerja sama ini dilakukan juga untuk mewujudkan perubahan khususnya di sektor transportasi.

"Transportasi memegang peranan penting. Sektor ini dilaporkan sebagai penyumbang pangsa emisi GRK terbesar. Di sisi lain, kami menyadari bahwa sektor transportasi merupakan pilar penting bagi mobilitas perkotaan yang menciptakan efek berlipat ganda pada kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, Jakarta berkomitmen untuk mengubah sektor mobilitas perkotaan menjadi pendekatan yang lebih berkelanjutan." lanjutnya.

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Simak juga 'Kisi-kisi Pengganti Anies Baswedan yang Diungkap Tito Karnavian':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT