Jalan Tol Akhirnya Ada di Bengkulu, Ini Fakta-faktanya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 06:30 WIB
Tol pertama di Provinsi Bengkulu
Foto: Istimewa
Jakarta -

Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu kini dipastikan sudah selesai. Masyarakat bisa mengaksesnya untuk mempersingkat perjalanan.

Lalu apa saja fakta yang terdapat di tol ini?

Diketahui jalan tol pertama di Bengkulu ini sebelumnya hanya difungsikan secara fungsional saat arus mudik Lebaran 2022. Panjang tol ini membentang hingga 17,6 kilometer (km).

Kehadiran ruas tersebut mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Kota Bengkulu ke Taba Penanjung hanya menjadi sekitar 15 menit dengan kecepatan maksimal berkendara 80 km/Jam.

Hal itu jauh lebih cepat, dibandingkan berkendara dari Bengkulu ke Taba Penanjung atau sebaliknya melalui jalan nasional, yang memakan waktu tempuh lebih kurang 1 jam.

Mengutip keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Sabtu (14/5/2022), Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 km. Kemudian kedua seksi lainnya yakni Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km) dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Jalan tol yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya sejak tahun 2019 ini telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) khusus Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu pada 13-14 April 2022.



Simak Video "Asosiasi Jalan Tol Pastikan Tak Ada Jalan Berlubang Saat Mudik Lebaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)