Tol Cibitung-Cilincing Bakal Operasi Juni, Diresmikan Jokowi

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 20:15 WIB
Foto udara Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/7/2021). Pengoperasian jalan tol sepanjang 2,65 km yang merupakan bagian dari jalan Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) 2 tersebut akan di uji coba gratis pada tanggal 31 Juli-7 Agustus 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah: Proyek tol Cibitung-Cilincing
Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/ Pelindo menargetkan Tol Cibitung-Cilincing seksi I, II, dan III segera beroperasi. Rencananya tol tersebut akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra mengatakan Jalan Tol Cibitung-Cilincing ditargetkan beroperasi mulai Juni 2022.

"Informasi terbaru mudah-mudahan bulan depan untuk seksi I, II dan III (Tol Cibitung-Cilincing) akan diresmikan Bapak Presiden. Ini adalah salah satu proses percepatan pasca merger," kata Hambra dalam media gathering di Museum Maritim Indonesia, Jakarta Utara, Kamis (19/5/2022).

Hambra mengakui Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan pekerjaan rumah (PR) lama perseroan yang belum selesai. Proyek ini awalnya dilakukan bersama PT Waskita Toll Road.

Setelah penggabungan atau merger empat BUMN pelabuhan dilakukan pada 1 Oktober 2021, Pelindo Group resmi menguasai seluruh kepemilikan Tol Cibitung-Cilincing. Saat ini perseroan fokus pada sisi penyelesaian.

Sedangkan Waskita Toll Road telah melepas seluruh kepemilikan sahamnya (divestasi) di PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP), Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi ruas tol Cibitung-Cilincing.

Saat itu Waskita Toll Road melepas porsi kepemilikan saham sebesar 55% kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API), anak perusahaan Pelindo selaku pemegang saham di PT CTP sebesar 45%. Dengan begitu 100% Tol Cibitung-Cilincing kini dikuasai PT API.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,45 km merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2. Rencananya akan melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing terbagi menjadi 4 seksi dengan 5 buah Simpang Susun (Interchange), yakni SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.

Adanya Tol Cibitung-Cilincing diharapkan bisa memperlancar konektivitas logistik, industri hingga mobilitas masyarakat mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

(aid/hns)