Bandara Halim Dipercantik, Begini Progresnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Mei 2022 11:15 WIB
Sejumlah kendaraan keluar dari kawasan bandara di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/1/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI AU akan menutup sementara Bandara Halim Perdanakusuma selama 3,5 bulan mulai dari tanggal 26 Januari 2022 dalam rangka revitalisasi sesuai Perpres nomor 9 tahun 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Foto: ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA
Jakarta -

Sejak akhir Januari 2022 yang lalu Bandara Halim Perdanakusuma ditutup. Penutupan dilakukan dalam rangka revitalisasi bandara.

Hingga saat ini setidaknya sudah hampir 4 bulan ditutup. Lalu sudah sampai mana perkembangan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma?

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan sampai saat ini proses revitalisasi terus berjalan. Terakhir, sebelum lebaran kemarin, Novie yang meninjau langsung proses revitalisasi mengatakan pengerjaan pembongkaran struktur lama Bandara Halim sudah selesai.

Proses yang dilakukan saat ini adalah pengerjaan revitalisasi mulai dari sisi runway alias landasan pacu dan juga pemugaran terminal VIP.

"Aktualnya waktu sebelum lebaran itu saya cek langsung sudah dibongkar konstruksi lama. Sekarang pengerjaannya," ungkap Novie ketika dihubungi detikcom, Selasa (24/5/2022).

Targetnya sendiri untuk sisi runway penyelesaian pekerjaan revitalisasi akan dilakukan paling lambat bulan Juli. Dengan begitu, pesawat sudah mulai bisa terbang dan mendarat di Halim bulan Juli.

"Penyelesaiannya paling tidak Juli dan sudah bisa digunakan lagi. Nanti kita masih lakukan tes dan pengukuran. Setelah itu akan ada flight test pakai pesawat di bulan Juli," ungkap Novie.

Awalnya, target penyelesaian revitalisasi sendiri ditetapkan selama 3,5 bulan saja. Bila dihitung sejak penutupan bandara Halim seharusnya bisa selesai di sekitar bulan Mei.

Namun, Novie mengatakan masih banyak proses yang harus dilakukan semenjak Halim ditutup makanya target penyelesaian jadi mundur ke bulan Juli.

"Memang awalnya ditutup kan Januari, cuma starting project kan nggak Januari juga. Ada proses administrasi dan sebagainya. Lalu pembongkaran, baru masuk konstruksi, jadi selesainya bulan Juli," ujar Novie.

Di sisi lain, Plt. Kepala Bagian Kerja Sama Internasional, Humas dan Umum, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Aryani Satyamurni mengatakan untuk penyelesaian revitalisasi di sisi darat. Mulai dari terminal VVIP, VIP, dan gedung-gedung operasional akan selesai secara penuh di bulan Agustus.

"Adapun untuk pekerjaan bangunan terminal VVIP (Naratetama), terminal VIP (Naratama) dan gedung operasional ditargetkan penyelesaiannya sekitar pertengahan bulan Agustus 2022," ungkap Aryani kepada detikcom.



Simak Video "Kemenhub soal Rencana Revitalisasi Halim: Demi Pertimbangkan Keselamatan"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/das)