Stasiun Gambir Masih Layani KA Jarak Jauh, Pensiun 2025 Digantikan Manggarai

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Jun 2022 20:00 WIB
Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik sebelum akhir bulan April 2022. Begini kondisi pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta.
Stasiun Gambir Masih Layani KA Jarak Jauh, Pensiun 2025 Digantikan Manggarai/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Stasiun Gambir saat ini melayani Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Namun, Stasiun Gambir akan pensiun melayani KAJJ dan diprioritaskan untuk melayani KRL.

Peran Stasiun Gambir akan diambilalih Stasiun Manggarai. Stasiun ini tengah dikembangkan menjadi stasiun sentral yang melayani KAJJ, KRL, dan kereta bandara.

"Sesuai dengan rencana proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, Stasiun Manggarai saat ini dikembangkan menjadi stasiun sentral yang akan melayani kereta jarak jauh, KRL, dan KA Bandara," jelasJuru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati kepada detikcom seperti ditulis Selasa (7/6/2022).

Dia mengatakan, saat ini tengah berlangsung switch over di Stasiun Manggarai. Switch over merupakan pergantian atau peralihan sistem persinyalan, operasional, atau pelayanan untuk meningkatkan penggunaan kereta api.

"Saat ini masih dalam proses khususnya dengan melakukan switch over. Tentu soal infrastruktur penunjang juga akan disiapkan seperti akses dan parkir," katanya.

Dia mengatakan, KAJJ akan berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL. Jika berjalan sesuai rencana, hal tersebut bakal terealisasi pada 2025.

"Sesuai masterplan dan desain yang ada, KA jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Setelah Stasiun Manggarai selesai dibangun, maka Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL," ungkapnya.

Lihat juga video 'Respons KCI soal Penumpang KRL Keluhkan Pemberlakuan Rute Baru':

[Gambas:Video 20detik]



Stasiun Gambir masih beroperasi normal saat ini. Cek halaman berikutnya.