ADVERTISEMENT

PUPR Tangani Banjir Rob Sunda Kelapa, Basuki: Harusnya Tugas DKI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 18:54 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta -

Kementerian PUPR terus melakukan pembenahan infrastruktur yang terkait dengan bencana alam. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan saat ini pemerintah berupaya untuk menyelesaikan masalah banji di berbagai wilayah di Indonesia.

Basuki menyebutkan jika memang bencana alam yang terjadi, maka dia tak lagi melihat Provinsi atau Kabupaten dan segera menangani.

"Kalau bencana alam memang saya nggak lihat Provinsinya atau Kabupaten. Seperti rob di Sunda Kelapa itu, itu harusnya tugas DKI tapi saya tangani itu pak," kata dia dalam raker dengan Komisi V DPR, Jumat (9/6/2022).

Basuki menyebut hal ini karena Jakarta merupakan Ibu Kota Negara. "Jadi semua bertanggung jawab," jelas dia.

Sekadar informasi Kementerian PUPR telah melaksanakan penanganan darurat Banjir Rob di Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) telah melakukan penanganan darurat banjir rob di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara dengan menggunakan geobox sebagai tanggul untuk mencegah terulangnya banjir yang meluap dari air laut yang pasang.

Dalam keterangannya saat itu Kepala BBWS Ciliwung Cisadane R.R Bambang Heri Mulyono menyampaikan saat ini di Pelabuhan Sunda Kelapa sudah melakukan pemasangan geobox dilokasi yang rawan limpas sebagai tanggul darurat dengan panjang penanganan ±1.139 meter dengan dimensi panjang 6 meter, lebar bervariasi yaitu 1,50 meter, 1,70 meter dan 2 meter, menyesuaikan elevasi yang ditentukan dan dilakukan juga pengangkatan lumpur disaluran drainase.

Kepala Satuan Kerja O & P SDA BBWS Ciliwung Cisadane Leonard Lederik Elwarin mengungkapkan mengenai metode pelaksanaan pekerjaan pembuatan geobox dimulai dari proses mengukur dan pembuatan pola geotextile, penjahitan geotextile, pembuatan bekisting, pemasangan geotextile kedalam bekisting, pengisian tanah dengan tanah kemudian perataan dan pemadatan tanah didalam geobox dan penjahitan geotextile sebagai penutup geobox kemudian membongkar bekisting.

Proses pembuatan goebox dibantu menggunakan peralatan yaitu excavator, genset, mobil lighting, dump truck, mesin jahit, stamper mesin.



Simak Video "Banjir Rob Terjang Pantai Utara Probolinggo, Warga Pesisir Diminta Waspada"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT