Lintasannya Sudah Tersambung Penuh, Kapan LRT Jabodebek Angkut Penumpang?

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 12 Jun 2022 20:30 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan meluncurkan LRT Jabodebek pada 17 Agustus mendatang.
LRT Jabodebek (Foto: Kereta Api Indonesia)
Jakarta -

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Harno Trimadi memang secara fisik pembangunan LRT Jabodebek sudah hampir rampung. Dia bilang untuk masalah pembangunan trek saat ini sudah 97% perkembangannya.

Hanya saja kalau bicara kesiapan integrasi persinyalan antara sarana dan prasarananya masih jauh dari rampung. Dia bilang semua baru terlaksana 30% saja.

Jika dilihat dari aplikasi Google Earth terlihat jalur rel LRT Jabodebek sudah tersambung sepenuhnya dari Bekasi Timur ke Sudirman dan Cibubur. Lalu kapan LRT Jabodebek bisa beroperasi penuh?

Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan operasional LRT Jabodebek secara penuh dan komersial akan dilakukan akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan.

Di sekitar bulan Agustus pihaknya melakukan demo teknologi Grade of Automation level 3 atau GoA3 pada kereta LRT yang akan digunakan. Sistem GoA 3 adalah sistem operasional kereta secara otomatis tanpa masinis.

Sementara itu, Didiek mengatakan trial run atau uji coba untuk masyarkaat secara umum baru akan dilakukan di sekitar bulan Oktober mendatang. Untuk kemudian tahap operasional secara penuh dilakukan paling cepat Desember 2022.
Saat ini pembangunan fisik fokus pada pengerjaan dan penyelesaian stasiun. Di lintas rata-rata 70-80%.

Sementara itu Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan LRT Jabodebek akan melakukan soft launching pada 17 Agustus 2022.

"Di 17 Agustus kita harapkan menjadi soft launching akan kita lakukan. Jadi semua berjalan dengan bagus," terang Luhut usai meninjau progres depo LRT Jabodebek di Bekasi, Jumat (1/3/2022).

(das/dna)