Jembatan 'Nempel' Box Girder Kereta Cepat Mau Dibongkar, Gantinya Rampung Juli

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 15:23 WIB
Penampakan box girder kereta cepat yang diviralkan Tol Becakayu ambruk.
Penampakan box girder kereta cepat/Foto: (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Jembatan Antilope, di Bekasi, Jawa Barat 'nempel' dengan box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Tinggi kendaraan yang bisa melintas jembatan tidak lebih dari 1,7 meter.

Kepala Bidang Bina Marga Kota Bekasi, Idi Susanto menjelaskan jembatan pengganti Antilope tengah dibangun dan ditargetkan selesai pada akhir Juli.

"Jembatan yang relokasi, yang baru jadinya di akhir Juli. Jadi, ini sampai akhir Juli saja sementara," katanya kepada detikcom, Selasa (14/6/2022).

Setelah jembatan yang baru selesai, Susanto menjelaskan, jembatan Antilope akan dibongkar. Jembatan yang baru terletak di Pondok Gede, Kota Bekasi.

"Di Pondok Gede, di KM 5, sekitar KM 5 ya," kata Susanto.

Ia mengungkapkan awalnya Pemerintah Kota Bekasi mengharapkan jembatan pengganti Antilope dibangun lebih dulu sebelum ada box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Namun karena mendesak, proyek tetap berjalan meski jembatan pengganti belum rampung.

Jembatan Antilope tetap bisa dilewati pengendara, baik motor dan mobil, meski tingginya hanya 1,7 meter dari box girder kereta cepat Jakarta-Bandung.

Simak juga Video: Video Tol Becakayu Amblas Hoax, Faktanya Box Girder Kereta Cepat

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)