Stasiun Pondok Ranji Ditata Ulang, Aksesnya Kini Bisa Lewat Bintaro

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 16 Jun 2022 12:45 WIB
Penataan Stasiun Pondok Ranji di Tangsel hampir rampung. Diharapkan, calon penumpang KRL tidak terkonsentrasi di satu titik ke depannya.
Stasiun Pondok Ranji/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Stasiun KRL Pondok Ranji, Tangerang Selatan, telah resmi ditata ulang. Ada banyak penataan yang dilakukan di stasiun ini, contohnya ialah aksesibilitas masyarakat untuk menghindari kemacetan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, stasiun Pondok Ranji yang lama jadi salah satu titik kemacetan lalu lintas. Selain itu, stasiun yang lama juga cukup kumuh.

"Digambarkan Pondok Ranji yang lama yang macet, dan kumuh dan sekarang Insyaallah lebih bagus. Dan deliver. Ini adalah salah satu yang membuat masyarakat mudah untuk ke Pondok Ranji nggak macet," kata Budi Karya saat meresmikan penataan Stasiun Pondok Ranji, Kamis (16/6/2022).

Ia juga mengatakan bahwa peningkatan ini, akan membuat masyarakat Bintaro lebih mudah menuju ke stasiun Pondok Ranji. Sebelumnya, stasiun ini hanya bisa diakses dari Jalan WR Supratman, Ciputat.

"Bagi warga Bintaro akan senang sekali. Ini menjadi titik konektivitas dari rumah, ke stasiun lalu ke kantor. Bayangkan kalau dulu macet ke sini, sekarang menjadi lebih nyaman. Dan tentunya kenyamanan ini akan mempersingkat waktu dan kemacetan," ujar Budi Karya.

Bahkan, Budi menyebutkan akan disediakan juga fasilitas creative hub, dengan kendaraan yang bisa mengantarkan warga ke rumah masing-masing dari Stasiun.

"Kereta api datang, stasiun bagus, tepat waktu. Terus nanti, ada akan ada semacam creative hub. Selain itu, ada kendaraan yang mengantar ke rumah masing-masing. Jadi, dari rumah tidak fist mailnya itu tidak perlu memerlukan kendaraan sendiri," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa Kereta Api saat ini sangat penting untuk menjadi tulang punggung transportasi publik, dan pembangunan ekonomi. Erick menuturkan bahwa langkah ini, juga menjadi upaya untuk mengurangi masyarakat dalam ketergantungan menggunakan kendaraan pribadi.

"Jadi sekarang memang ini sebuah keharusan, kalau kita ingin sukses mengurangi ketergantungan penggunaan kendaraan pribadi. Ya fasilitas publik harus tingkatkan. Baik dari aksesibilitas dan juga fasilitas yang hari ini pak Menhub dorong," ungkap Erick.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa Pemerintah juga sejatinya perlu untuk bekerja sama dengan beberapa pihak. Termasuk komunitas dan juga pihak swasta.

"Di sini yang namanya kerja sama pemerintah pusat dan daerah, pihak Kereta Api, dan seluruh komunitas yang menggunakan ini akan menjadi satu bagian. Saya juga senang pak Menhub bilang sekarang juga pihak swasta mau berkolaborasi kan ini cocok. Karena memang pembangunan kawasan properti tidak mungkin, tidak dilengkapi fasilitas pelayanan publik," tutup Erick.

Simak Video: Menhub Budi-Erick Thohir Resmikan Penataan Stasiun Pondok Ranji

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)