Parkiran di Rest Area Tol Ditambah Demi Basmi Macet di Hari Raya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 21:15 WIB
Pantauan Tol Batang-Semarang, Kamis (28/4/2022) pukul  pukul 10.15 WIB hingga 10.42 WIB.
Ilustrasi/Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana menambah kantong parkir atau lahan di tempat peristirahatan (rest area) jalan tol. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan hal itu bertujuan untuk mencegah kemacetan pada hari besar seperti hari raya keagamaan.

"PR (pekerjaan rumah) kita ke depan, pertama menyiapkan kantong-kantong parkir di tempat peristirahatan sekarang. Jadi yang tadi Menteri Perhubungan sampaikan mungkin di tempat peristirahatan kita lebarkan, kita perlu pembebasan lahan untuk kantong-kantong parkir untuk hari besar nasional," kata Basuki dalam raker dengan Komisi V DPR RI tentang Evaluasi Pelaksanaan Infrastruktur dan Transportasi pada Mudik Lebaran 2022, Senin (20/6/2022).

Masih soal menambah kantong parkir di rest area, Basuki mengatakan juga akan menambahkannya di Tol Merak. Menurutnya hal itu dilakukan agar tidak ada penumpukan kendaraan.

"Jadi sebelum merak supaya tidak menumpuk di situ, kita persiapkan parkirkan. Ini sebagian juga hasil dari evaluasi pada saat kunjungan ke Merak dan Bakauheni," jelasnya.

Sebagai informasi, jumlah rest area yang saat ini ada di Indonesia ada 133. Rinciannya 77 tipe A kemudian, 40 tipe b dan 16 tipe C. Basuki dalam kesempatan itu juga menjelaskan, pada kegiatan mudik tahun ini, rest area itu dilengkapi dengan aturan penerapan protokol kesehatan.

"Untuk mencegah penularan COVID-19, dengan menyiapkan pengukur suhu, hand sanitizer, dan menyediakan scan barcode PeduliLindungi. Menyediakan juga pelayanan kesehatan, vaksinasi dosis kedua dan juga booster serta penyediaan swab antigen," tutupnya.

(eds/eds)