Tol Jakarta-Cikampek Mau Dilebarkan Lagi, Ini Lokasinya

ADVERTISEMENT

Tol Jakarta-Cikampek Mau Dilebarkan Lagi, Ini Lokasinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 20 Jun 2022 20:46 WIB
Foto udara pekerja mengoperasikan alat berat saat menyelesaikan proyek pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek di Karawang, Jawa Barat, Rabu (13/4/2022). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta–Cikampek jalur B KM 67–KM 50 akan selesai pada H-10 Lebaran 2022 sebagai antisipasi untuk ruas fungsional terbatas khususnya kendaraan kecil pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar: Ilustrasi pelebaran tol Jakarta-Cikampek
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memperlebar kembali jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada jalur A. Hal ini diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI.

"Nanti untuk PR (pekerjaan rumah) tahun depan adalah jalur A tol Japek akan kita lebarkan, lagi," ujar Basuki dalam raker dengan Komisi V DPR RI tentang evaluasi pelaksanaan infrastruktur dan transportasi pada Mudik Lebaran 2022, Senin (20/6/2022).

Basuki menyampaikan hal itu, ketika pemaparan laporan jalur tol mana saja yang sudah diperbaiki dan dilebarkan menjelang mudik lebaran 2022. Misalnya saja pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek jalur B pada kilometer 67 sampai 50.

"(Pelebaran) untuk menambah kapasitas jalan selama arus balik (mudik) khususnya kendaraan kecil, sudah rampung pada 23 April 2022," terangnya.

Pelebaran hingga perbaikan sejumlah jalan tol dilakukan PUPR pada 10 hari sebelum Lebaran atau H-10.

Adapun jalan tol lain yang telah diperbaiki, di antaranya duplikasi jembatan Ciujung di Jalan Tol Tangerang-Merak kilometer 57 yang selesai pada 16 April 2022.

Kemudian peningkatan pengamanan pada Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Basuki menyampaikan, pada jalur tol itu memang diperbaiki tingkat pengamanannya seperti memperbaiki lubang-lubang jalan.

"Untuk kenyamanan tol ini akan dilakukan rekonstruksi, ini akan dilakukan rekonstruksi untuk nyaman ke depan. Pemeliharaan Tol Kayu Agung sudah selesai pada 21 April 2022," tutur Basuki.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT