13 Terowongan Kereta Cepat JKT-BDG Tembus Jadi Kado Buat Jokowi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 21 Jun 2022 13:06 WIB
Tunnel 2 pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta berhasil ditembus. Begini bentuknya.
Foto: Dok. PT KCIC
Jakarta -

Tunnel 2 proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) di Jatiluhur, Purwakarta akhirnya tembus. Dengan demikian, 13 terowongan dalam proyek ini sudah tembus semua.

Tembusnya tunnel 2 ditandai dengan seremoni yang digelar hari ini, Selasa (21/6/2022). Seremoni ini dihadiri Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang dan Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi.

Lu Kang mengatakan, hari ini adalah hari ulang tahun Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan, tembusnya tunnel 2 bakal menjadi hadiah yang paling disukai Jokowi.

"Hari ini adalah hari ulang tahun Bapak Presiden Jokowi dan ini harusnya hadiah yang paling disukai oleh beliau," katanya di lokasi tunnel 2.

Sementara, Dwiyana menjelaskan, pengerjaan tunnel 2 merupakan tantangan yang berat dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Pengerjaan tunnel 2 sendiri sempat dikunjungi Jokowi pada awal tahun ini.

"Tunnel 2 ini adalah salah satu obstacle yang berat untuk kami. Dan sempat dikunjungi oleh Bapak Presiden Jokowi pada tanggal 17 Januari 2022," katanya.

Ia menyampaikan, tantangan dalam menembus tunnel 2 terkait dengan kondisi geologi.

"Di mana hampir 1.050 m tunnel 2 itu lahannya memang dipenuhi clayshale dan clayshale ekstrem. Jadi kalau digali ngembang dan menurunkan daya dukung tanah sampai 80% sehingga potensi runtuh galiannya sangat masif di sini," katanya.

Senada, Dwiyana mengatakan, tembusnya tunnel 2 menjadi kado untuk Jokowi.

"Jadi hari ini bertepatan dengan hari ulang tahun Bapak Presiden Jokowi tentunya proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung memberikan satu kado yang terindah untuk beliau," katanya

Simak juga Video: Viral! Jembatan Antilope 'Tertutup' Girder Kereta Cepat, Tak Semua Mobil Bisa Lewat

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)