ADVERTISEMENT

Ada Proyek Duplikasi Jembatan Antelope, Ini Rekayasa Lalin di Tol Japek

Ardan Chandra - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 17:50 WIB
Ada Proyek Duplikasi Jembatan Antelope, Ini Rekayasa Lalin Tol Japek
Ada Proyek Duplikasi Jembatan Antelope, Ini Rekayasa Lalin Tol Japek/Foto: Dok. Jasa Marga
Jakarta -

Beberapa waktu lalu viral sebuah video yang dinarasikan Tol Becakayu di Kalimalang, Bekasi amblas. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah box girder proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung 'nempel' dengan Jembatan Antelope di Bekasi.

Jembatan baru dibangun sebagai pengganti Jembatan Antelope. Pekerjaan erection duplikasi overpass Antelope dibangun pada Km 06+145 pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek). Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Japek, atas diskresi Kepolisian akan melakukan pengaturan lalu lintas untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan di sekitar lokasi pekerjaan.

Pekerjaan erection duplikasi overpass akan dilaksanakan mulai Senin (27/6) hingga Selasa (5/7) pada periode window time pukul 22.00 sampai dengan 04.00 WIB dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas.

"Karena lokasi pekerjaan erection girder sepanjang 46,15 meter tersebut berada melintang di atas jalur utama Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek, di setiap tahapan ini akan kami lakukan skema buka tutup lajur. Namun kami tegaskan, tidak ada penutupan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Jakarta maupun arah Cikampek," jelas Nouval M Rizky, Operation and Maintenance Departement Head Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad dalam keterangannya, Senin (27/6/2022).

Berikut Pengaturan Lalu Lintas di Jalan Tol:

Kendaraan Menuju Cawang/Jakarta

1. Kendaraan dari arah Cakung menuju Cawang dialihkan di KM 10 Cikunir lurus melalui Jalan Tol JORR E arah Taman Mini.
2. Kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cawang dialihkan di KM 10 Cikunir lurus melalui exit Kalimalang.
3. Kendaraan dari arah Cikampek menuju Cawang dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Cikunir 2.
4. Kendaraan dari arah Jatibening menuju Cawang dialihkan melalui Kalimalang.
5. Kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta yang akan menggunakan Ruas Jalan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) dialihkan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah.
6. Dilakukan sterilisasi dan penutupan Rest Area KM 6B Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Kendaraan Menuju Cikampek

1. Kendaraan dari arah Interchange Cawang Ruas Jalan Tol Dalam Kota menuju Cikampek dialihkan ke Ruas Jalan Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek.
2. Kendaraan dari arah Tanjung Priok menuju Cikampek diluruskan ke Ruas Jalan Tol Jagorawi melalui JORR E arah Cikampek.
3. Kendaraan dari arah arteri Cawang UKI menuju Cikampek dilakukan pengalihan arus di Cawang melalui Kalimalang arah Cikampek.
4. Kendaraan dari arah Jatiwaringin menuju Cikampek dialihkan melalui Kalimalang arah Cikampek.

JTTRD bersama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai kontraktor pekerjaan ini juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas serta memastikan petugas tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

JTTRD dan KCIC juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Message Sign (VMS) di kedua arah pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud," lanjutnya.

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan. Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

(ara/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT