ADVERTISEMENT

Kenalan Sama Russian Railways yang Ditawarkan Putin Garap Kereta Api di IKN

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 03 Jul 2022 21:30 WIB
Jokowi bertemu Putin di Kremlin
Foto: Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi datang langsung ke Rusia dan melakukan pertemuan empat mata dengan Putin pada Kamis, 30 Juni 2022 kemarin.

Dalam pertemuan itu, Putin menawarkan kerja sama dalam rangka pembangunan infrastruktur di ibu kota negara (IKN) Nusantara. Putin menawarkan proyek jaringan kereta api di IKN digarap oleh pihaknya. Dia pun menyodorkan Russian Railways untuk menggarap proyek tersebut.

Disodorkan Putin ke Jokowi, seperti apa profil Russian Railways?

Dilansir dari website resminya, Minggu (3/7/2022), Russian Railways adalah perusahaan perkeretaapian terbesar di Rusia. Perusahaan itu bergerak dalam kepemilikan dan pembangunan infrastruktur perkeretaapian umum.

Federasi Rusia adalah pendiri dan pemegang saham tunggal Russian Railways, dengan kata lain perusahaan ini juga dimiliki langsung oleh pemerintah.

Perusahaan mengklaim telah menempati peringkat tinggi di antara operator kereta api terkemuka di dunia berdasarkan volume angkutan barang dan penumpang dan panjang jaringan infrastruktur kereta api.

Russian Railways mengklaim perusahaan telah menjadi pemilik jaringan kereta api terpanjang ketiga di dunia. Panjang operasional jalur Kereta Api Rusia mencapai 85.600 km, lebih dari dua kali panjang khatulistiwa. Sementara itu, Russian Railways juga mengklaim menjadi perusahaan terbesar kedua di dunia berdasarkan panjang jalur listrik yaitu sepanjang 43.850 km.

Sudah banyak kemitraan antar negara yang dibesut Russian Railways dalam rangka mengembangkan rute perkeretaapian transit melalui Rusia. Mulai dari China, Korea Selatan, Kazakhstan, Polandia, Jerman dan negara-negara lainnya. Perusahaan juga membangun dan meningkatkan infrastruktur kereta api di Serbia dan sejumlah negara lain.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT