ADVERTISEMENT

Top! Binjai-Pangkalan Brandan Tersambung Tol 2023

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 21 Jul 2022 20:15 WIB
Proyek tol Binjai-Langsa
Proyek Tol Binjai-Langsa/Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta -

Penyelesaian Tol Binjai-Langsa terus dikebut. Saat ini pengerjaan konstruksi ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan sepanjang 58 kilometer (km) sudah selesai lebih dari setengahnya.

Progres ruas Tol Binjai-Pangkalan Brandan sudah mencapai 54,16% dan ditargetkan beroperasi pada pertengahan 2023.

"Kehadiran Jalan Tol Binjai-Langsa akan menghubungkan Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh diharapkan dapat menjadi akses pendukung konektivitas antar wilayah dari Binjai ke Langsa dan sebaliknya," tulis keterangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di situs resminya, dikutip Kamis (21/7/2022).

Tol Binjai-Langsa memiliki total panjang 130,9 km dibangun secara dua tahap. Tahap pertama pembangunannya dibagi dua, Binjai-Stabat sepanjang 11,8 km yang sudah diresmikan Februari lalu dan tahap kedua Stabat-Pangkalan Brandan sepanjang 46,2 km yang masih dalam tahap pembangunan.

Selanjutnya tahap kedua yakni Pangkalan Brandan-Langsa 72,9 km yang ditargetkan akan selesai konstruksinya pada 2024. Selain menjadi akses pendukung menuju kawasan produktif di Pulau Sumatera, kehadiran tol ini juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 km.

Jalan Tol Binjai-Langsa yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) dibangun dengan nilai investasi Rp 23,4 triliun yang menjadi akses pendukung menuju berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara.

Jalan Tol Binjai-Langsa memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu SS Stabat, SS Tanjung Pura, SS Pangkalan Brandan, SS Kuala Simpang, dan SS Langsa dan akan memiliki tiga pasang Tempat Istirahat (Rest Area) Tipe A.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT