ADVERTISEMENT

Airlangga Ajak Jepang Kembangkan Sistem Smart City di Ibu Kota Nusantara

Sukma - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 11:28 WIB
Airlangga Hartarto
Foto: Kemenko Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan dari Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (Join) Takuma Hatano di Kantor Kemenko Perekonomian pada Kamis, (21/07).

Pada pertemuan tersebut, Menko Airlangga mengajak JOIN untuk ikut terlibat secara aktif guna mendukung pengembangan smart city, sektor energi terbarukan, dan ekonomi digital di Indonesia.

"Kami harap JOIN dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem smart city di ibu kota baru kami di Kalimantan," ungkap Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (22/07).

Sebagai ibu kota yang memiliki visi 'Kota Dunia untuk Semua', Ibu Kota Nusantara nantinya akan menerapkan konsep kota pintar yang memadukan inovasi dalam pengembangan teknologi informasi, baik infrastruktur keras dan lunak. Selain itu, nantinya di Ibu Kota Nusantara juga akan dibangun sistem bangunan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Selain sebagai simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, dan penggerak ekonomi Indonesia di masa yang akan datang, Ibu Kota Nusantara diharapkan menjadi sebuah kota ideal yang dapat menjadi kiblat bagi pembangunan dan pengelolaan tata kota bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Guna mewujudkan harapan tersebut, Menko Airlangga mengatakan sumber daya energi berkelanjutan dan infrastruktur digital merupakan bagian utuh dari pembangunan perkotaan modern dan kota pintar yang harus dikembangkan.



Simak Video "Warga Lokal di IKN Bakal Diberi Pelatihan, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT