ADVERTISEMENT

Tol Serpong-Balaraja Bikin Warga Untung, tapi Ada Juga yang Buntung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 22 Jul 2022 16:30 WIB
Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A
Foto: Achmad Dwi Afriadi
Jakarta -

Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A Serpong dan Simpang Susun (SS) CBD bakal beroperasi dalam waktu dekat. Kehadiran tol ini sendiri memberikan dampak bagi masyarakat sekitar.

Ridwan, warga Pagedangan yang tinggal tak jauh dari tol ini mengaku kehadiran tol ini membuat aksesnya menuju wilayah sekitaran AEON Mall semakin jauh. Sebab, tol membuat jembatan yang biasa digunakan sebagai akses dibongkar.

"Tadinya singkat ada jalan pintas, sekarang muter. Sebelumnya ada dua jembatan, sekarang sudah dibongkar," katanya saat berbincang dengan detikcom, Jumat (22/7/2022).

Ia juga menyebut, para pekerja AEON Mall dan sekitarnya yang dulu kost di wilayah tersebut semakin berkurang. Mereka kemudian memilih kost ke lokasi yang lebih dekat.

"Pada pindah, dari sana agak jauh, nyarinya akses, ada yang jalan juga kan," imbuhnya.

Hal itu pun berdampak pada dirinya yang menjalankan usaha warung makan. Biasanya, ia sehari bisa mendapat omzet sampai Rp 2 juta. Kini, omzetnya menyusut.

"Kalau sekarang Rp 1 juta dapet, kadang nggak," katanya.

Lainnya halnya dengan Joko warga Cisauk. Lokasinya rumahnya tak jauh dari Ridwan. Joko mengatakan, tol membuat wilayahnya semakin ramai. Imbasnya, banyak orang membuka usaha.

"Orang mana-mana dateng, pada dateng pada buka usaha. Nggak tau kalau ke depannya. Kalau sekarang masih bagus," katanya.

Bahkan, kata dia, ibu-ibu juga mendapat pekerjaan karena wilayahnya semakin ramai. "Banyak perumahan jadi banyak kerjaan. Ibu-ibu pada nyuci, gosok," ujarnya.



Simak Video "Tahu Kah Kamu? Ternyata Ini Jalan Tol Pertama di Indonesia!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT