ADVERTISEMENT

Presiden China Xi Jinping Bakal Kunjungi Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ilyas Fadilah - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 16:26 WIB
China: Xi Jinping rilis resolusi bersejarah, sejajar dengan Mao Zedong, dan Deng Xiaoping
Foto: BBC World
Jakarta -

Pemerintah Indonesia terus mengawasi jalannya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Apalagi, menurut Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, proyek KCJB bakal menjadi salah satu tujuan kunjungan Presiden China, Xi Jinping.

Xi Jinping dijadwalkan datang ke Indonesia dalam agenda G20. Dalam kunjungannya itu, Xi Jinping juga akan melihat perkembangan pembangunan proyek KCJB.

"Belum lagi kereta cepat ini ingin dijadikan salah satu tujuan dari kunjungan presiden China pada waktu nanti G20," kata Wahyu dalam Media Briefing: Pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Semester I 2022 di Jakarta, Selasa (26/7/2022).

Oleh karena itu, pemerintah terus mengawasi perkembangan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara ketat. Wahyu memaparkan sebagian besar pengerjaan konstruksi selesai dilakukan. Ia optimis proyek ini akan selesai di tahun 2023.

Dalam catatan detikcom, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) nantinya bakal diresmikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping.

"Kita pengin karena nanti mudah-mudahan Presiden Xi Jinping dan Presiden Jokowi juga ada di Bali. Beberapa proyek besar kita dengan Tiongkok juga akan kita coba resmikan pakai zoom," kata Luhut dalam acara kunjungan di area tunnel 6 di Purwakarta bulan Maret lalu.

Dalam kesempatan itu, Luhut mengatakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditargetkan untuk diuji coba pada tahun ini, tepatnya November.



Simak Video "Jelang Uji Coba KCJB Berhasil Melaju hingga 80 Km Per Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT