ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Ingin Bendungan Ciawi Jadi Pengendali Banjir & Ikon Wisata

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 21:06 WIB
Bendungan Ciawi
Foto: Nur Azis
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau Proyek Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor yang sedang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya (Persero) pada Senin (25/7) kemarin. RK datang untuk memastikan pembangunan bendungan pengendali banjir Jakarta ini sesuai dengan rencana.

Bendungan kering pertama di Indonesia itu ditargetkan rampung tahun ini. Bendungan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi penanganan banjir yang selalu melanda DKI Jakarta, terlebih pada musim hujan.

"Iya, Bendungan Ciawi berbeda dengan bendungan pada umumnya, bendungan ini nantinya akan difungsikan sebagai penahan air, karena bendungan ini tidak memiliki turbin atau pintu air dan baru digenangi air pada musim hujan saja. Saat kemarau, bendungan ini akan kering," jelas Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas.

Anas menambahkan bendungan yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki kapasitas volume menampung air sebanyak 6,05 juta meter kubik dan luas genangan 39,40 hektare, sehingga diharapkan mampu mengendalikan dan mengurangi banjir hingga 111,75 meter kubik per detik.

Bendungan Ciawi difungsikan untuk menahan kelebihan air dan mengalirkannya secara terkontrol pada periode curah hujan tinggi. Anas menyebut kehadiran Bendungan Ciawi akan mereduksi banjir di pintu air Manggarai, Jakarta Pusat hingga 11,9%.

Anas menerangkan Bendungan Ciawi didesain untuk mengurangi debit banjir di Jakarta dengan menahan aliran air dari Gunung Gede dan Gunung Pangrango sebelum sampai ke Bendungan Katulampa yang mengalir ke Sungai Ciliwung. Selain menjadi pengendali banjir, ungkap Anas, bendungan kering garapan Brantas Abipraya ini juga akan dijadikan lokasi konservasi sumber daya air.

Menurut Anas, Bendungan Ciawi berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. Ia menjabarkan Brantas Abipraya menambahkan spot-spot untuk swafoto dan jogging track di area. Hal itu sesuai dengan pesan Ridwan Kamil yang meminta Bendungan Ciawi tak hanya sebagai pengendali bencana alam banjir, tapi juga menjadi objek wisata alam, namun juga yang kekinian atau instagramable.

"Sebagai agen pembangunan, Brantas Abipraya optimistis bendungan ini akan tuntas dengan mutu dan kualitas yang baik. Inipun merupakan komitmen Brantas Abipraya untuk selalu ada untuk Indonesia, berkontribusi dalam penanganan banjir di Jakarta bila terjadi curah hujan yang tinggi," ujar Anas

(akn/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT