ADVERTISEMENT

Siap-siap! Bakal Ada Stasiun KRL Baru Dekat Perumahan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 29 Jul 2022 18:44 WIB
Masyarakat menggunakan fasilitas tranpostasi di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (19/6/2019). Gedung baru stasiun Cisauk beroperasi dan terintegrasi dengan pengembangan kawasan Intermoda BSD City yang berorientasi pada kemudahan akses transportasi publik atau Transit Oriented Development (TOD). Berdiri di atas lahan seluas 11.440 meter persegi, Stasiun Cisauk dibangun dengan konsep arsitektur futuristik serta dilengkapi fasilitas-fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Stasiun memiliki dua lantai dengan dilengkapi eskalator dan lift yang memudahkan pergerakan penyandang disabilitas.
Stasiun Cisauk/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta para pengembang ikut membangun stasiun di dekat perumahan. Hal ini dilakukan untuk menarik minat orang-orang yang tinggal di perumahan untuk naik transportasi publik.

Menurut VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba pihaknya sudah berkoordinasi dengan KAI untuk mengajak pengembang perumahan yang ada di dekat jalur KRL Commuter Line untuk membangun stasiun.

"Kami koordinasi ke KAI untuk bekerja sama dengan pengembang-pengembang, sehingga dekat perumahan-perumahan itu akan ada dibangun stasiun. Di mana? Kami akan sampaikan nanti," kata Anne di Stasiun BNI City, Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022).

"Jadi kita mau bikin orang suka pakai transportasi publik, bukan masalah efisiensi waktu aja," sebutnya.

Anne mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk mengajak pengembang perumahan untuk membuat atau mengembangkan stasiun KRL.

"Kami koordinasikan juga ke Kemenhub supaya pengembang properti mau berikan fasilitas pembangunan dan pengembangan stasiun KRL," kata Anne.

Anne mengatakan bahwa stasiun KRL akan bertambah. Tahun ini saja ada dua stasiun KRL baru, yaitu Stasiun Matraman dan Stasiun BNI City. Total stasiun KRL saat ini mencapai 82.

"Ada kemungkinan tambahan stasiun, tahun ini sudah ada dua nih. Stasiun Matraman dan BNI City, artinya dari 80 jadi 82 untuk stasiun KRL Jabodetabek. Ada kemungkinan tambahan? Ada," kata Anne.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT