ADVERTISEMENT

Wussh! Kereta Cepat Pertama di Asia Tenggara Resmi Meluncur ke RI!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 05 Agu 2022 10:15 WIB
EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Foto: Dok. KCIC
Jakarta -

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) resmi dikirim dari China menuju Indonesia hari ini. Pengiriman rangkaian kereta ke Indonesia ini menandai sejumlah catatan penting.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, kereta yang dikirim ini merupakan ekspor perdana China ke luar negeri.

"Hari ini pengiriman EMU perdana, EMU dan CIT (Comprehensive Inspection Train) ini akan menandai satu sejarah karena ini adalah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api cepat dari Tiongkok ke luar negeri," katanya dalam seremoni Penyelesaian Manufaktur & Pengiriman Perdana EMU Proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Jumat (5/8/2022).

Dwiyana juga mengatakan, rangkaian kereta ini akan menjadi kado spesial untuk Indonesia yang akan merayakan HUT ke-77.

"Dan ini akan menjadi hadiah yang spesial dari kita semua keluarga besar proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung untuk negara Indonesia yang akan merayakan hari kemerdekaan ke-77 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022," katanya.

Chairman China Railway Qian Min mengatakan, Kereta Cepat Jakarta Bandung merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

"Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah kereta api cepat yang pertama di ekspor ke dunia, juga adalah kereta cepat yang pertama di Asia Tenggara," katanya.

"Ini adalah proyek simbolis penting antara sinergi initiative belt and road dengan strategi poros maritim Indonesia," katanya.

Lihat juga video 'Wujud Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Diklaim Bisa Ngebut 350 Km/jam!':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT