ADVERTISEMENT

Luhut Bongkar Fakta Tol Serang-Panimbang: Berpuluh-puluh Tahun Tidak Jadi!

Aris Rivaldo - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 14:17 WIB
Groundbreaking Tol Serang-Panimbang seksi III
Foto: Dok. Aris Rivaldo/detikcom
Pandeglang -

Bunyi sirine ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking jalan Tol Serang-Panimbang seksi III di ruas jalan Labuhan-Cibaliung STA 16+500, exit Tol Panimbang. Jalan tol tersebut baru terealisasi setelah puluhan tahun.

"Berpuluh-puluh tahun tidak jadi, sekarang Pak Basuki ada di sini semua kita selesaikan dengan baik," kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, kepada wartawan di Panimbang, Senin (8/8/22).

Luhut mengatakan jalan tol seksi III akan selesai pada kloter pertama tahun 2024. Menurutnya pembangunan jalan tol juga diharapkan mampu menopang wisata Tanjung Lesung.

"Ini akan selesai pada kloter pertama tahun 2024 dan saya minta pembangunan untuk KEK itu juga harus ada ujungnya nanti 2024 bulan kloter pertama. Jadi, semua bersamaan," harapnya.

Di tempat yang sama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan panjang ruas jalan Tol Serang-Panimbang 83 kilometer. Menurutnya untuk seksi I Serang-Rangkabitung sudah beroperasi.

"Serang-Rangkasbitung itu sudah beroperasi, yang seksi II sedang konstruksi dengan progres lebih dari 30 persen, yang seksi III yang ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah, total 83 kilometer, KBBU kerja sama badan pemerintah dengan Badan Usaha, yang 50 km melalui badan Usaha, yang 33 kilometer yang sekarang di groundbreaking ini bagiannya pemerintah, dengan anggaran sekitar 4,6 triliun," terang Basuki.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT