ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Pamer Desain Kereta Cepat JKT-BDG: Uji Coba Saat G20 November

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 11:18 WIB
EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan desain dan proses pembuatan kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kang Emil, sapaan akrabnya menjelaskan 11 set kereta sudah selesai dibuat di China dan sedang dikirim ke Jawa Barat.

"11 set lokomotif dan gerbongnya sudah selesai di pabriknya di Qingdao Tiongkok. Sedang OTW menuju Jawa Barat," tulis Kang Emil di Instagram, dikutip Selasa (9/8/2022).

Uji coba operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan pada pertemuan G20 pada November 2022. Selanjutnya dilakukan berbagai tes sebelum beroperasi penuh pada Juni 2023.

"Uji coba 1 set saat summit G20 di November, dan kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023," lanjut Kang Emil.

Masih dalam penjelasan di Instagram, Kang Emil menyebut bahwa interior Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki tema batik Megamendung.

"Semoga lancar dan menjadi kebanggaan kita semua memiliki kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN. Kecepatan maksimal 350 km/jam," tutup penjelasannya.

[Gambas:Instagram]



Lihat juga Video: Viral! Jembatan Antilope 'Tertutup' Girder Kereta Cepat, Tak Semua Mobil Bisa Lewat

[Gambas:Video 20detik]



(ara/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT