ADVERTISEMENT

Menengok Progres Stasiun LRT Dukuh Atas yang Batal Meluncur 17 Agustus

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 11:48 WIB
Foto udara pembangunan depo LRT (Light Rail Transit) di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (27/5/2022). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan, pembangunan LRT Jabodebek dengan panjang lintasan 44,43 km dan 18 titik stasiun pemberhentian merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah transportasi perkotaan yang saat ini pembangunan konstruksinya telah mencapai 90%. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek masih dalam tahap pengerjaan. Sempat direncanakan bakal launching pada Agustus 2022, penyelesaian LRT Jabodebek nampaknya akan mundur.

Tim detikcom memantau langsung pengerjaan proyek LRT Jabodebek Stasiun Dukuh Atas, Selasa (9/8/2022). Nampak tiang penyangga proyek terpasang pada bangunan konstruksi.

Menurut salah satu pekerja proyek, saat ini sedang dikerjakan bangunan jembatan LRT dukuh atas. Saat ditanya progres penyelesaian proyek ini, salah satu pekerja proyek itu tidak banyak memberikan komentar. Namun menurutnya, soft launching yang dijadwalkan digelar pada 17 Agustus 2022 kemungkinan akan tertunda.

Salah satu alasannya adalah karena beberapa bangunan yang belum terselesaikan. Misalnya, bangunan lift yang masih berbentuk kerangka, lingkungan yang belum dirapikan, dan lain sebagainya.

Memang terlihat gundukan tanah merah masih menumpuk di bawah bangunan konstruksi. Material konstruksi pun ada yang tergeletak di bawah, dan ada sebagian yang masih terbungkus semacam kertas alumunium.

"Kurang tahu ya, tapi kayanya nggak bulan ini (soft launching). Itu, lift-nya aja belum selesai kan," kata salah satu petugas kepada detikcom, Selasa (9/8/2022).

Sementara itu, pekerja proyek lainnya menyebut bakal ada sejumlah pejabat yang hadir ke proyek Stasiun LRT Dukuh Atas pada 17 Agustus. Namun ia enggan merinci siapa saja yang datang dan untuk tujuan apa.

Kemudian tampak juga beberapa alat berat terparkir dan beroperasi di lokasi proyek. Salah satunya adalah truk bertuliskan PT Waskita Beton Precast.

Adapun Stasiun LRT Dukuh Atas berjarak sekitar 200 meter dari jalan utama. Stasiun ini bersebelahan dengan Waduk Setia Budi Barat.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Rabu (6/7/2022) menyebut jika bulan Agustus hanya dilakukan ceremonial showcase atau memamerkan rangkaian LRT.

"Agustus mungkin sifatnya hanya showcase saja. Kami belum bisa merilis apapun terkait pengoperasian atau commercial operating date-nya," kata Zulfikri.



Simak Video "Dirut KAI Blak-blakan LRT Jabodebek Jadi Beban, Desain Nggak Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT