ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Terminal Kijing di Pelabuhan yang Namanya Masih Misterius

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 12:24 WIB
Presiden Jokowi
Jokowi Resmikan Terminal Kijing di Pelabuhan yang Namanya Masih Misterius/Foto: YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan Terminal Kijing. Terminal ini terletak di Pelabuhan Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat yang merupakan pelabuhan terbesar di pulau tersebut.

"Alhamdulillahirobbilalamin puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala, hari ini Terminal Kijing pelabuhan Pontianak yang sudah dimulai pembangunannya tahun 2016 hari ini telah selesai," tuturnya di Terminal Kijing yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (9/8/2022).

Jokowi meyakini dengan adanya Terminal Kijing di Pelabuhan Pontianak akan memperkuat daya saing produk-produk unggulan dari Kalimantan Barat, seperti CPO, alumina, bauksit dan produk lainnya.

Dengan modal pembangunan Rp 2,9 triliun, pelabuhan ini memiliki kapasitas 500 ribu TEUs. Kapasitas itu membuat Pelabuhan Pontianak menjadi pelabuhan yang terbesar di Kalimantan.

"Sangat besar sekali ini adalah pelabuhan terbesar di pulau Kalimantan. Tadi tanya pak Dirut Pelindo, habis berapa pak ini pak? Gede banget seperti ini, Rp 2,9 triliun. Jadi jangan sampai investasi yang besar seperti itu tidak bisa memperkuat daya saing dan tidak bisa memperbaiki konektivitas antar pelabuhan, antar pulau dan antar negara," terangnya.

Menariknya sebelum Jokowi mengakhiri pidatonya, tiba-tiba dia berbicara lagi, bahwa ternyata nama Pelabuhan Pontianak ini diubah dan sampai sekarang belum ada namanya.

"Nama pelabuhan ini diubah atau berbeda silakan diajukan ke pada pemerintah pusat, ke presiden. Saya kira seluruh aspirasi yang ada akan kita tampung. Tapi pada hari ini tadi telah kita resmikan terima kasih," tutupnya.

Lihat juga video 'Jokowi Bolak-balik Singgung Harga BBM, Apa yang Dicemaskan?':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT