ADVERTISEMENT

Pembangunan Semua Seksi Tol Cisumdawu Selesai Akhir 2022, Ini Progresnya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Sabtu, 13 Agu 2022 16:00 WIB
Foto udara kendaraan yang melintas di jalur fungsional Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Sinarmulya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (7/5/2022). Polres Sumedang membuka jalur fungsional Jalan Tol Cisumdawu hingga Minggu (8/5/2022) guna mencegah terjadinya kemacetan di jalur arteri Sumedang-Bandung pada arus balik Lebaran 2022. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)/Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu telah berjalan selama kurang lebih 11 tahun sejak peletakan batu pertamanya pada 29 November 2011. Tol yang akan menghubungkan Cileunyi-Sumedang-Dawuan ini akan rampung pada akhir 2022.

Dikutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Minggu (13/8/2022), pemerintah melakukan kunjungan lapangan mengecek progres konstruksi Jalan Tol Cisundawu dari Seksi 2 hingga 6.

Kunjungan ini dilakukan oleh anggota BPJT Unsur Akademisi Eka Pria Anas bersama Plh. Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin. Dari kunjungan tersebut, didapatkan informasi bahwa Seksi 1 sudah operasional 100%, sedangkan progres konstruksi untuk Seksi 2 sudah mencapai 97,94% dan akhir 2022 akan selesai konstruksinya.

Perlu diketahui, pembangunan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp. 5,5 triliun. Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah.

Sementara untuk Seksi 3-6 dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100%.

Lebih lanjut, progres pembangunan Seksi IV Cimalaka-Legok (8,2 Km) konstruksi sudah 36,69%. Dilanjutkan dengan Seksi V A&B Legok-Ujung Jaya (14,9 Km) konstruksi sudah 42,63% dan 61,24%. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 99,77%.

Sementara itu, untuk Junction Dawuan yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali progresnya sudah mencapai 98,33% dan secara keseluruhan ditargetkan akan selesai konstruksinya menjelang akhir 2022.

Melihat secara langsung pelaksanaan konstruksi di lapangan, juga banyak ditambahkan sejumlah pekerja di lapangan dan ketersediaan alat berat guna mempercepat progres penyelesaian konstruksi jalan tol ini.

Hal ini disebabkan topografi wilayah pembangunan yang beragam mulai dari dataran rendah, perbukitan hingga pegunungan yang cukup rumit agar dapat segera terselesaikan.

Nantinya, kehadiran jalan tol ini memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya di wilayah Cileunyi-Sumedang-Dawuan dan sekitarnya.

Dengan kelancaran waktu dan jarak tempuh yang dapat dipangkas melalui kehadiran Tol Cisumdawu, tentunya akan semakin meningkatkan pendistribusian barang dan jasa serta menghemat operasional bahan bakar kendaraan.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT