ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Tol Pemalang-Batang, Lokasi Kecelakaan Hermanto Dardak

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 20 Agu 2022 10:30 WIB
Ir Achmad Hermanto Dardak
Foto: Robby Bernardi/detikcom: Tol Pemalang-Batang, lokasi kecelakaan mantan Wamen PUPR Hermanto Dardak, yang akhirnya meninggal dunia.
Jakarta -

Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum (Sekarang PUPR) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia. Dari kabar yang beredar, Hermanto meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Pemalang-Batang.

Jalan Tol Pemalang-Batang dikelola oleh PT Pemalang Batang Tol Road (PBTR). Waskita memegang 60% saham di PBTR, sementara PT Sumber Mitra Jaya memegang 40% saham perusahaan.

Melansir situs PBTR, Sabtu (20/8/2022), Tol Pemalang Batang terbentang sepanjang 39,2 kilometer (km) yang terbagi menjadi 2 seksi. Seksi I mencakup Pemalang-Pekalongan dengan panjang 23,3 km. Sementara seksi II mencakup Pekalongan-Batang dengan panjang 15,9 km.

Dikutip dari situs Pemprov Jawa Tengah, tol ini bermula di Pemalang kilometer 307 sampai Batang kilometer 436. Rinciannya, jalur sepanjang 15 kilometer di Kabupaten Pemalang, 18 kilometer di Kabupaten Pekalongan, 6,2 kilometer di Kabupaten Batang, dan gerbang tol sepanjang sepanjang 3 kilometer di Kota Pekalongan.

Tol ini memiliki persimpangan besar dengan ujung timur yaitu Jalan Tol Batang - Semarang dan ujung barat yaitu Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang keduanya sudah beroperasi. Jalan tol Pemalang-Batang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang kelak menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Tol Pemalang-Batang mulai beroperasi pada November 2018. Tol ini memiliki tiga exit tol, antara lain:

Gerbang Tol Pekalongan untuk akses menuju Bojong, Kajen, Kedungwuni, dan Wiradesa
Gerbang Tol Batang untuk akses menuju Batang kota, Pekalongan, Warung Asem dan Grosir Batik Setono
Gerbang Tol Pemalang untuk akses menuju Petarukan, Pemalang Kota, Jalan Pantura Gandulan dan Comal

Tol Pemalang-Batang dikerjakan oleh konsorsium PT Waskita Karya dan PT. Sumber Mitra Jaya. Ditargetkan Tol Pemalang-Batang punya nilai investasi sekitar Rp 6 triliun

Sebelumnya diberitakan mobil Toyota Innova bernopol B-2739-UFZ yang ditumpangi Hermanto Dardak, ayahanda Wagub Jawa Tengah Emil Dardak, mengalami kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang. Kecelakaan itu mengakibatkan Hermanto Dardak meninggal dunia.

Dikutip dari detiknews, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Aqudusy menjelaskan Mobil Innova nopol B-2739-UFZ menempuh perjalanan masuk dari GT Kalikangkung dengan tujuan Jakarta.

Iqbal mengungkapkan kecepatan mobil Innova yang disopiri Angga Saputra (30) itu diperkirakan mencapai 100 km/jam. Sopir diduga mengantuk dan hilang konsentrasi. Alhasil, mobil Innova menabrak pantat truk Hino K-1909-BH.

Setiba di TKP, sopir mobil Innova yang membawa Hermanto Dardak diduga kurang konsentrasi karena mengantuk. Alhasil, mobil Innova menabrak pantat truk Hino K-1909-BH.

Lihat Video: Momen Jenazah Ayah Emil Dardak Diberangkatkan ke Jakarta

[Gambas:Video 20detik]




(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT