Bayar Tol Tanpa Setop Uji Coba Akhir 2022, Ini Daftarnya

ADVERTISEMENT

Bayar Tol Tanpa Setop Uji Coba Akhir 2022, Ini Daftarnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 27 Agu 2022 14:30 WIB
Bayar tol tanpa setop sedang diuji coba di ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kendaraan ditempeli stiker berbasis teknologi Radio Frequency Identification (RFID).
Ilustrasi Gerbang Tol/Foto: Anisa Indraini
Jakarta -

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberlakukan uji coba bayar tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) pada akhir 2022 ini.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, saat ini progresnya masih dalam menyiapkan lajur tanpa pintu gerbang atau gentry di sejumlah ruas tol. Rencananya ada 5 sampai 6 ruas jalan tol yang akan diujicobakan untuk tahap pertama.

"Progres saat ini kan sedang dalam pemasangan gentry ya, dari mulai jos Jalan Tol JORR S, Jalan Tol Jagorawi, ini progres terus supaya kita cek. Untuk kamera juga untuk mengenali kendaraan itu," katanya di Gedung DPR RI, Jakarta, ditulis Sabtu (27/8/2022).

Ruas tol lainnya yang sudah masuk list uji coba termasuk Tol Samarinda-Balikpapan, selebihnya Danang belum menyebutkan rinci. Ia menjelaskan intinya jika nanti persiapan gentry-nya telah siap akan langsung diujicobakan.

"Semunya begitu gentrynya dipasang-pasang kita langsung ujicobakan," lanjutnya.

Dalam uji coba nantinya, dimulai untuk satu gate terlebih dahulu, jadi masyarakat masih tetap akan disediakan gerbang dengan tap kartu. "Untuk diujicobakan agar orang bisa mengaplikasikan cantas kemudian nanti sambil familiar pada saatnya akan dioperasikan secara komersial," lanjutnya.

Untuk aplikasi yang akan digunakan untuk transaksi tanpa kartu yakni Cantas disebut akan diluncurkan pada Desember 2022. Aplikasi Cantas sendiri sudah bisa diunduh sekarang.

"Masyarakat bisa download aplikasi Cantas untuk mencoba bayar tol nirsentuh yang akan dioperasikan, bisa latihan. Nanti Desember akan diluncurkan," tuturnya.

Aplikasi Cantas akan menerima segala metode pembayaran. Danang mengatakan mitra dalam pembayaran ini mencakup BUMN dan swasta juga.

"Nyambungnya ke e-wallet. Kita diminta BI e-walletnya tidak boleh eksklusif jadi semua source of fund semuanya bisa dipakai, kartu kredit, maupun rekening langsung," jelasnya.

Dalam waktu yang sama ini, Danang mengatakan BPJT juga menyiapkan penerbitan aturan dalam mencegah pelanggaran dalam penerapan transaksi tol tanpa kartu. Prosesnya masih dalam pembahasan.

"Termasuk rencana kita untuk mendorong teman-teman Korlantas, sudah ada pembahasan awal nanti dibuat peraturan oleh Kepolisian," tutupnya.

(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT